Liga Primer Terbitkan Protokol Latihan Klub

    Media Indonesia - 14 Mei 2020 10:39 WIB
    Liga Primer Terbitkan Protokol Latihan Klub
    Suasana pertandingan di Liga Primer Inggris. (Foto: AFP/Oli Scarff)
    Jakarta: Liga Inggris memberlakukan aturan ketat bagi tim yang akan melakukan sesi latihan. Aturan tersebut pun sudah diedarkan kepada seluruh pelatih dan pemain mengenai protokol latihan yang diterapkan.

    Pemerintah Inggris sudah memberikan lampu hijau Liga Primer dilanjutkan mulai bulan depan, setelah dihentikan sejak Maret lalu karena pandemi korona. Latihan klub sudah mulai diizinkan, pekan depan.

    Selain Inggris, Spanyol dan Italia sudah menggelar latihan. Bahkan, Jerman telah siap menggulirkan Bundesliga kendati tanpa penonton, akhir pekan ini. Dua negara Eropa yang sudah pasti menghentikan kompetisi sepak bola ialah Belanda dan Prancis.

    Dalam laporannya, kemarin, BBC mengaku telah melihat salinan protokol resmi yang dikirim ke semua 20 klub Liga Primer kompetisi strata tertinggi Inggris. Beberapa aturan disebutkan, misalnya, bendera sepak pojok, cones, bola, tiang gawang, dan bahkan lapangan harus didisinfeksi setiap selesai latihan.

    Pemain bakal menjalani tes covid-19 dua kali dalam sepekan. Mereka juga akan menjalani cek suhu secara rutin, selain mengikuti kuesioner sebelum latihan setiap harinya. Jika ada pemain yang dinyatakan positif, dengan atau tanpa gejala, mereka akan diisolasi selama tujuh hari.

    Semua pemain dalam perjalanan ke tempat pelatihan diminta melakukan secara individual dan menghindari transportasi umum. Setibanya di tempat latihan, mereka tidak boleh berkumpul dan tidak akan mendapat makan.

    Pemain juga dilarang melakukan tackling dan kontak dalam fase pertama pelatihan tim. Sementara itu, staf medis klub harus mengenakan alat pelindung diri (APD) ketika merawat pemain.

    Menolak

    Pertemuan yang melibatkan pemain, Asosiasi Pesepak Bola Profesional, dan pemerintah Inggris mengenai masalah keselamatan dan kesehatan seputar kemungkinan bergulirnya kompetisi diadakan tadi malam waktu setempat.

    Kepala Eksekutif Asosiasi Pesepak Bola Profesional (PFA) Gordon Taylor mengatakan para anggotanya akan terbuka untuk bermain lagi asalkan segala sesuatu bisa dilakukan untuk memastikan keselamatan pemain.

    Namun, bintang-bintang seperti Raheem Sterling dan Danny Rose menolak rencana melanjutkan liga. "Saat kami kembali, momen ketika bukan cuma untuk alasan sepak bola, melainkan juga aman atau tidak bagi kami pesepak bola, serta seluruh staf medis, wasit," kata Sterling kepada saluran Youtube.

    Di bagian lain, penolakan lanjutan Liga Primer dilangsungkan di tempat netral telah membuahkan hasil. Klub diizinkan menggelar pertandingan di stadion milik sendiri untuk menyelesaikan sisa laga musim ini.

    Hanya saja, pihak kepolisian Inggris meminta klub memenuhi sejumlah kriteria keselamatan di laga tanpa penonton itu. Klub harus bisa memastikan pedoman jarak sosial 2 meter harus dipatuhi.

    Usul laga di tempat netral mencuat untuk antisipasi serbuan penggemar. Kendati pertandingan digelar tanpa penonton, sangat dimungkinkan suporter tetap datang dan berkerumun di depan stadion.

    Saat ini, Liga Primer Inggris masih menyisakan 92 pertandingan. Sejumlah klub juga telah mulai kembali berlatih di tempat latihan masing-masing dengan protokol kesehatan yang telah dianjurkan.

    Sebelum ditangguhkan sejak Maret lalu, Liga Inggris sudah memasuki pekan ke-29. Liverpool memuncaki klasemen sementara dengan perolehan 82 poin, unggul 25 poin dari pesaing terdekat sekaligus juara bertahan, Manchester City. Dua kemenangan lagi cukup untuk the Reds--julukan Liverpool-- mengunci gelar musim ini. 

    Video: Klub Sepak Bola Kembali Latihan di Tengah Pandemi



    (ASM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id