Kisah Legenda Manchester United Sir Busby Diangkat ke Layar Lebar

    Riyan Ferdianto - 12 November 2019 19:46 WIB
    Kisah Legenda Manchester United Sir Busby Diangkat ke Layar Lebar
    Suporter Manchester United memamerkan foto Sir Matt Busby. (AFP PHOTO / PAUL ELLIS)
    Manchester: Dalam waktu dekat sebuah rumah produksi asal Inggris Fulwell 73 akan merilis sebuah film dokumenter tentang perjuangan legenda Manchester United, Sir Matt Busby. Film tersebut menceritakan tentang perjuangan Busby membangun Manchester United pasca perang dunia kedua dan kembali ke kejayaan Eropa.

    Film yang berjudul From the Team that Brought the Class Off 92 Busby ini disutradarai oleh Joe Pearlman. Naskah dalam film ini sendiri diambil sebagian dari buku biografi Sir Matt Busby yang ditulis oleh Eamon Dunphy, Patrick Barclay, dan Roy Cavanagh.

    Dalam film dokumenter tersebut, akan diangkat juga kisah bagaimana klub Manchester United sempat berutang ke banyak pihak karena defisit keuangan. Kisah soal Stadion Old Trafford yang dihujani bom pesawat NAZI juga akan diangkat dalam film ini.

    Jalan cerita film ini diambil dari hasil wawancara dengan para pemain dan kolega yang paling mengenal Busby. Film ini menceritakan bagaimana Busby mengubah klub, merevolusi manajemen dan memimpin United dari tragedi menjadi kemenangan dalam salah satu kisah sepak bola paling pedih yang pernah terjadi.

    Kisah Busby dari pemain menjadi pelatih 

    Maat Busby memulai karir sepak bolanya bersama Manchester City pada tahun 1928 hingga 1936. Busby harus menunggu hingga 18 bulan untuk menjalani debut sebelum ia menjalani laga pertamanya saat City menghadapi Middlesbrough. Ia menjalani 11 laga pada musim 1929-1930 itu. Busby berposisi sebagai inside forward dengan catatan lima gol.

    Musim berikutnya, manajer City Peter Hodge memutuskan untuk mengubah posisi Busby menjadi seorang half back, seperti Sergio Busquets di sepak bola masa kini. Busby berubah menjadi pemain yang jenius dan pengumpan yang hebat di posisi barunya. Ia mencatatkan 21 penampilan pada musim itu.

    Di akhir musim, Busby hampir saja hengkang ke United. Namun United tidak menyanggupi banderol Busby sebesar 150 poundsterling. Musim 1931-1932, Busby menjadi andalan City yang hanya tidak dimainkan sekali sepanjang musim. Ia berhasil membawa City melaju hingga final Piala FA, namun mereka baru bisa juara pada musim depan.

    Setelah mencatatkan 229 pertandingan dan 14 gol dalam delapan musim bersama The Citizens, ia hengkang ke Liverpool dengan mahar 8 ribu poundsterling pada Maret 1936. Setelah itu, nomor punggungnya diserahkan kepada Jack Percival. 

    Bersama Liverpool, Busby menjadi andalan dan mendapat nomor empat kembali. Bahkan, ia sempat menjabat sebagai kapten, meskipun kariernya berakhir ketika Perang Dunia II. Seperti pemain Liverpool pada umumnya, Busby juga bergabung dengan Resimen Liverpool setelah mencatatkan 122 penampilan.

    Matt Busby memang tidak banyak mengukir prestasi dalam kariernya sebagai pesepakbola. Namun, periode tersebut adalah awalan bagi Busby untuk memulai karier sesungguhnya sebagai seorang pelatih United.

    Sebagai manajer United, Busby adalah sosok terpenting. Tanpa mengecilkan peran Alex Ferguson, identitas kesuksesan United takkan pernah ada jika tidak ada kontribusi Busby.

    Busby adalah orang yang membangkitkan akademi Manchester United dan membentuk para pemainnya sedemikian rupa sampai akhirnya menguasai Eropa pada 1968.

    Perjalanan Busby tentu tidak sesederhana itu. Dalam prosesnya, dia harus mengalami Tragedi Udara Muenchen dan untuk menjadi juara European Cup pada 1968, dia harus membangun ulang timnya dari nol.



    (KAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id