Mantan Kiper dan Pahlawan Manchester United Tutup Usia

    Kautsar Halim - 17 Februari 2020 15:45 WIB
    Mantan Kiper dan Pahlawan Manchester United Tutup Usia
    Harry Gregg. (Foto: Independent.co.uk)
    Jakarta: Mantan kiper Manchester United Harry Gregg meninggal dunia pada usia 87 tahun. Dia berstatus juga sebagai eks kiper timnas Irlandia Utara dan korban selamat tragedi kecelakaan pesawat di Muenchen.

    Berita duka ini diumumkan langsung oleh Yayasan Harry Gregg pada Senin 17 Februari. Di sana, tertera informasi juga bahwa Gregg merupakan pahlawan tragedi Muenchen pada 62 tahun silam.

    23 orang tewas ketika pesawat yang ditumpangi skuat dan staf Manchester United ingin mendarat di Bandara Munich Reim pada 6 Februari 1958. Gregg sempat dua kali kembali ke badan pesawat yang terbakar untuk menyeret para korban.

    Sir Bobby Charlton, Jackie Blanchflower dan Dennis Viollet merupakan orang-orang yang ditolong Gregg. Selain itu, masih ada manajer Sir Matt Busby, diplomat Yugoslavia dan putrinya yang masih berusia 20 bulan.

    Gregg menjadi kiper termahal dunia ketika United dan Sir Matt Busby merekrutnya dengan banderol 23 ribu poundsterling pada 1957. Setahun kemudian, Gregg langsung terpilih sebagai kiper terbaik di Piala Dunia.

    Gregg berseragam United selama sembilan tahun dan belum pernah ikut menyumbang medali atau trofi untuk klub. Riwayat cedera membuatnya absen di final FA Cup 1963 dan mengganggu performa saat melakoni dua laga perebutan gelar lainnya. 

    Dalam 247 laga membela Setan Merah, Gregg dikenang pernah tampil menawan saat United mengalahkan Sheffiel Wednesday dengan skor, 3-0. Nahasnya, tren positif itu terjadi 13 hari sebelum tragedi Muenchen.

    "Sebuah kesedihan mendalam untuk menginformasikan bahwa telah wafat legenda Manchester United dan Irlandia Utara, Harry Gregg, OBE," tulis pernyataan Yayasan Harry Gregg di Facebook.

    "Harry mengembuskan nafas terakhir dengan damai di rumah sakit sambil dikelilingi keluarga tercintanya," tambah pernyataan tersebut.  (independent.co.uk)






    (KAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id