Final Piala Liga Inggris 2019--2020

    Kalahkan Villa, City Raih Trofi Piala Liga Inggris Ketiga Secara Beruntun

    Patrick Pinaria - 02 Maret 2020 02:04 WIB
    Kalahkan Villa, City Raih Trofi Piala Liga Inggris Ketiga Secara Beruntun
    Selebrasi para pemain Manchester City merayakan kemenangan (Foto: AFP/Javier Soriano)
    London: Gelar Piala Liga Inggris musim 2019--2020 jatuh ke tangan Manchester City. The Citizens menorehkan prestasi tersebut usai mengalahkan Aston Villa dengan skor 2-1 pada babak final, Minggu 1 Maret dini hari WIB.

    Skor pertandingan menggambarkan situasi pertandingan. City harus bersusah payah untuk meraih kemenangan atas Villa.

    Tengok saja statistik City. Meski bermain dengan penguasaan bola sebanyak 69,7 persen, mereka kesulitan menembus pertahanan Villa. Buktinya, tim asuhan Pep Guardiola itu hanya mampu menghasilkan empat tembakan mengarah ke gawang dari 22 peluang.

    Jumlah tembakan mengarah ke gawang City bahkan tak berbeda jauh dari Villa. Tim yang berjuluk The Villans itu mampu mencetak tiga tembakan mengarah ke gawang meski hanya menghasilkan lima peluang.

    Meski demikian, City berhasil membuka keunggulan terlebih dulu pada menit ke-20. Gol tersebut dicetak oleh Sergio Aguero.

    Phil Foden menjadi kreator dari gol tersebut. Ia mengirimkan umpan yang berhasil diselesaikan Aguero dengan tembakan voli.

    Selang sepuluh menit, City berhasil menggandakan keunggulan. Kali ini, kans mencetak gol berhasil dimanfaatkan baik oleh Rodri Hernandez yang sukses meneruskan umpan Ilkay Guendogan.

    Ketinggalan dua gol tak membuat mental para pemain Villa mengendur. Semangat pantang menyerah pun ditunjukkan mereka. Alhasil, mereka memperkecil ketinggalan melalui Mbwana Samatta pada menit ke-41.

    Hingga turun minum, tidak ada gol tambahan tercipta. Skor 2-1 untuk keunggulan City bertahan.

    City kembali menunjukkan dominasi di babak kedua. Namun, tekanan tak membuat Villa panik. Mereka justru tampil makin tenang dan bisa meredam serangan-serangan City.

    Situasi itu tampaknya membuat pelatih City Guardiola sedikit frustrasi. Ia akhirnya melakukan pergantian dengan memasukkan Bernardo Silva untuk menambah daya gedor.

    Akan tetapi, kehadiran Silva masih belum cukup untuk membongkar rapatnya pertahanan Villa. Melihat situasi itu, Guardiola kembali melakukan pergantian dengan memasukkan Gabriel Jesus. Lagi-lagi, keputusannya belum membuahkan hasil.

    Alih-alih bakal menambah gol, City malah tertekan. Pada menit ke-88, Villa nyaris saja menyamakan kedudukan andai sundulan Bjorn Engels tak membentur mistar gawang.

    Villa makin gencar menekan City jelang menit-menit akhir. Beruntung bagi City. Upaya Villa tidak ada yang membuahkan hasil hingga laga usai. Skor 2-1 tidak berubah dan memberikan kemenangan untuk City.

    Dengan kemenangan itu, City berhak mengangkat trofi Piala Liga Inggris musim ini. Torehan ini juga merupakan gelar ketiga mereka di Piala Liga Inggris secara beruntun.

    Susunan pemain:

    Aston Villa: Orjan Nyland, Matt Targett, Tyrone Mings, Bjorn Engels, Frederic Guilbert, Douglas Luiz, Marvelous Nakamba, Anwar El Ghazi/Conor Hourihane (70'), Jack Grealish, Ahmed El Mohammady, Mbwana Samatta/Keinan Davis (80'). 

    Manchester City: Claudio Bravo, Kyle Walker, John Stones, Fernandinho, Oleksandr Zinchenko, Ilkay Guendogan/Kevin de Bruyne (58'), Rodrigo, David Silva/Bernardo Silva (77'), Raheem Sterling, Sergio Aguero/Gabriel Jesus (84'), Phil Foden. 


    Video: Iwan Bule: Saya Siap Matikan Mafia Bola

     

    (PAT)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id