PSM Makassar vs Persija Jakarta: Juku Eja Juara Piala Indonesia 2018--2019

    Achmad Firdaus - 06 Agustus 2019 18:19 WIB
    PSM Makassar vs Persija Jakarta: Juku Eja Juara Piala Indonesia 2018--2019
    Marc Klok (tengah) bersama Aaron Evans (kiri) dan M Rahmat merayakan gol PSM makassar ke gawang Bhayangkara FC di Liga 1 2019 (Foto: ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang)

    Menang 2-0, PSM Makassar keluar sebagai juara Piala Indonesia 2018--2019 karena unggul agregat 2-1. Gelar ini merupakan yang pertama diraih PSM sejak terakhir kali meraih gelar Liga Indonesia pada musim 1999--2000.


    Makassar: PSM Makassar keluar sebagai juara Piala Indonesia 2018--2019. Prestasi itu dicatatkan PSM usai menang 2-0 atas 10 pemain Persija Jakarta pada leg kedua babak final, Selasa 6 Agustus 2019. PSM juara dengan keunggulan agregat 2-1.

    PSM mengusung misi menang dengan selisih dua gol untuk membalas kekalahan 0-1 dari Persija pada leg pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Di lain kubu, Persija hanya membutuhkan hasil imbang untuk meraih gelar juara.

    Laga tunda kedua tim di Stadion Andi Mattalatta berlangsung dalam tempo tinggi. PSM yang bermain di hadapan pendukung setianya langsung memeragakan permainan ofensif.
     

    Baca: Piala AFF U-18: Indonesia Libas Filipina


    Hasil positif pun langsung didapat ketika pertandingan memasuki keempat. Aaron Evans sukses menjebol gawang Persija lewat tandukan usai memanfaatkan tendangan sudut Wiljam Pluim. PSM unggul 1-0 sekaligus menyamakan agregat menjadi 1-1.

    Persija coba merespons dan mendapatkan peluang emas lewat Marco Simic pada menit ke-25. Sayang, sundulan Simic dari jarak yang cukup dekat, masih melebar.

    Petaka bagi Persija datang pada menit ke-33. Sandi Sute yang sebelumnya sudah mendapat kartu kuning, harus keluar dari lapangan usai menerima kartu kuning kedua menyusul tekel yang dilakukannya kepada Pluim.

    Kartu merah Sandi Sute memaksa pelatih Persija Julio Banuelos melakukan perubahan. Bruno Matos terpaksa ditarik keluar dan digantikan Maman Abdurahman untuk menambah kekuatan di lini belakang.

    Imbas perubahan taktikal tersebut, Persija harus rela bermain di bawah tekanan PSM. Beruntung, hingga babak pertama usai, Persija berhasil menahan gempuran skuat Juku Eja. Skor 1-0 untuk keunggulan PSM bertahan hingga turun minum.
     

    Baca juga: Piala Indonesia 2019: Susunan Pemain PSM Makassar vs Persija


    Tak puas dengan keunggulan satu gol, PSM kembali menggebrak di awal babak kedua. Lagi-lagi, kelengahan barisan pertahanan Persija di awal babak kedua harus dibayar mahal.

    Pada menit ke-50, Zulham Zamrun berhasil menggandakan keunggulan PSM lewat tandukannya, memanfaatkan umpan silang.

    Tertinggal 0-2, Persija coba meningkatkan serangan. Namun karena kurangnya jumlah pemain, Persija tidak bisa leluasa menyerang. Skema bola mati menjadi opsi yang jadi andalan Persija untuk mencuri satu gol tandang yang mereka butuhkan untuk juara.

    Sayang, meski Banuelos sudah memasukkan Bambang Pamungkas untuk membantu Marco Simic di lini depan, Persija tetap gagal mencetak gol. Skor 2-0 untuk PSM bertahan hingga laga usai.

    Dengan hasil ini, PSM pun berhak keluar sebagai juara lantaran unggul agregat 2-1. Gelar Piala Indonesia 2018--2019 sekaligus mengakhiri penantian panjang PSM yang terakhir kali jadi juara pada ajang Liga Indonesia tahun 1999--2000.

    Susunan Pemain:
    PMS Makassar:
    Rivky Mokodompit, Aaron Evans, Abd Rahman, Asnawi Bahar/Taufik Hidayat (90+5'), Beny Wahyudi, Arfan, Rizky Pellu, Willem Jan Pluim, Ferdinan Sinaga, Guy Junior/Zulham Zamrun (19'), Rahmat

    Persija Jakarta: Andritany, Ismed Sofyan, Rezaldi Hehanusa, Ryuji Utomo, Tony Sucipto, Bruno Matos/Maman Abdurahman (33'), Novri Setiawan, Riko Simanjuntak/Bambang Pamungkas (63'), Rohit Chand, Sandi Sute (kartu merah/33'), Marco Simic

    Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

    Video: ?Final Leg II Piala Indonesia PSM vs Persija




    (ACF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id