Pengamanan Final Piala Presiden 2019 akan Pecahkan Sejarah

    Daviq Umar Al Faruq - 11 April 2019 15:23 WIB
    Pengamanan Final Piala Presiden 2019 akan Pecahkan Sejarah
    Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan (tengah) bersama manajemen Arema FC (Foto: Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq)
    Malang: Langkah pengamanan pertandingan antara Arema FC kontra Persebaya Surabaya pada leg kedua final Piala Presiden 2019 dipersiapkan secara matang. Tak tanggung-tanggung, ribuan personel pengamanan akan diterjunkan untuk mengawal pertandingan tersebut.

    Menurut Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung, pihaknya akan mengerahkan sebanyak 4.280 polisi untuk mengamankan pertandingan. Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak sepanjang sejarah dalam mengawal pertandingan Arema.

    "Biasanya 700, kita kali ini menyiapkan hingga 4.280 personel. Ada empat ring pengamanan mulai dari dalam stadion hingga jalan raya utama,” kata ujar Yade.

    Baca: Prediksi Arsenal vs Napoli: The Gunners Tangguh di Emirates


    "Kalau laga besar biasanya dikawal 1.200 personel aparat keamanan. Untuk besok ini personel keamanan paling banyak sepanjang sejarah pertandingan Arema. Ini sangat urgent sekali," timpal Ketua Panitia pelaksana (Panpel) Arema FC, Abdul Haris.

    Ribuan personel pengamanan tersebut juga disiapkan untuk mengawal Presiden Joko Widodo yang direncanakan hadir dalam laga pamungkas itu. Jokowi, sapaan akrabnya, dijadwalkan memberikan piala bagi para juara secara langsung.

    "Sehingga bagaimanapun juga panpel harus menyiapkan sebaik mungkin dalam pertandingan ini, keamanan dan kenyamanan. Akses tamu VIP yang hadir di stadion semua sudah disiapkan sebaik mungkin," tutur Abdul.

    Pada leg kedua ini, laga tetap dimulai pada pukul 19.30 WIB dan tidak dimajukan ke pukul 15.30 WIB. Keputusan jadwal sesuai semula ini telah disepakati oleh pihak keamanan, pihak penyelenggara dan pihak televisi.

    "Memang ada beberapa agenda, ada musik yang akan digelar sebelum pertandingan. Nanti di luar stadion juga ada hiburan. Sampai saat ini belum tahu siapa artis yang akan tampil, tetapi yang jelas artis papan atas yang sudah biasa kita lihat semua," pungkasnya.

    Baca: Prediksi Slavia Praha vs Chelsea: Bukan Laga Sulit untuk Tim Tamu


    Sebelumnya, Arema FC berhasil menahan imbang Persebaya Surabaya pada leg pertama final Piala Presiden 2019. Laga yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa 9 April 2019 itu berakhir imbang 2-2.

    Dengan hasil tersebut, kans juara Arema pun semakin terbuka. Sebab, pekerjaan rumah Singo Edan pada leg kedua di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jumat 12 April 2019 nanti terasa sedikit mudah. 

    Hamka Hamzah dan kawan-kawan hanya membutuhkan hasil imbang 0-0 atau setidaknya 1-1 untuk menjadi jawara. Andai juara, Arema akan mengulang prestasi mereka pada Piala Presiden 2017.


    Video: Reaksi Gattuso Usai Milan Dibekuk Juventus

     



    (PAT)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id