Takafumi Akahoshi, Pemain Jepang Pertama dalam Sejarah Arema

    Daviq Umar Al Faruq - 28 Agustus 2019 18:02 WIB
    Takafumi Akahoshi, Pemain Jepang Pertama dalam Sejarah Arema
    Takafumi Akahoshi. (Foto: medcom.id/Daviq Umar)
    Malang: Takafumi Akahoshi adalah pemain asal Jepang pertama yang pernah direkrut Arema FC sejauh ini. Mantan penggawa Urawa Red Diamonds itu resmi dikontrak Singo Edan pada bursa transfer paruh musim 2019.

    Sejak berdiri pada 1987 silam, Arema FC memang belum pernah merekrut pemain asing asal negeri sakura, Jepang. Pemain Asia yang pernah membela Arema sebelumnya berasal dari Turkmenistan, Australia hingga Korea Selatan.

    Aka, sapaan akrab Takafumi, dikontrak Arema dengan durasi setengah musim. Pemain 33 tahun ini bakal mengenakan nomor punggung 77 dan mengisi slot pemain Asia di klub kebanggaan Aremania itu.

    "Menjadi pemain Jepang pertama di Arema adalah sesuatu yang bagus. Jadi saya punya kesempatan membuat sejarah yang bagus bersama Arema," kata Aka.

    Meski Aka jadi yang pertama di Arema, sudah cukup lama pemain asal Jepang menghiasi kompetisi sepak bola di Indonesia. Bahkan, sederet klub di kasta tertinggi Liga Indonesia juga menggunakan jasa pemain asal Jepang.

    Mulai dari PSIS Semarang (Shohei Matsunaga), Perseru Badak Lampung (Kunihiro Yamashita), dan Persela Lamongan (Kei Hirose). Terbaru, Barito Putera merekrut pemain asal Jepang juga yaitu Kosuke Yamazaki Uchida.

    Aka juga mengetahui bila banyak pemain asal Jepang yang merumput di Indonesia. Eks pemain Suphanburi FC ini bahkan mengaku kenal dekat dengan Kunihiro Yamashita, bek Perseru Badak Lampung.

    "Saya kenal dengan Yamashita karena usia dia sama dengan saya. Kita pernah bermain sepak bola bersama sebelumnya. Tapi tidak dalam satu tim, hanya untuk senang-senang saja," tuturnya.

    "Saat saya dikabarkan hendak merapat ke Arema,  Yamashita sempat bertanya ke saya apakah saya benar mau main di Indonesia. Lalu kita berbincang tentang sepak bola di Indonesia," imbuhnya.

    Aka juga mengaku tahu dengan sosok Shohei Matsunaga, gelandang serang PSIS Semarang. Tak heran, Shohei bisa dibilang pemain asal Jepang terlama yang pernah bermain di Indonesia. 

    Shohei berkarier di Indonesia sejak 2011 silam. Ada enam tim yang pernah ia bela selama ini, mulai dari Persib Bandung, Persiba Balikpapan, Gresik United, Persela Lamongan, PSMS Medan, hingga PSIS Semarang. 

    "Saya juga tahu Matsunaga. Memang saya tidak pernah bertemu dengan dia. Tapi saya sering dengar nama dia, karena dia sangat terkenal di indonesia. Jadi itu kenapa saya tahu dia," tuturnya.

    Sementara itu, setelah resmi dikontrak, Aka langsung mengumbar janji selangit. Tak tanggung-tanggung, ia bertekad membawa Arema jadi kampiun Liga 1 2019.

    "Saya lihat Arema saat ini ada di posisi empat klasemen sementara. Jadi kami masih punya kesempatan juara. Itu jadi target saya bersama tim," pungkasnya.

    Video: Wolfgang Pikal Jadi Asisten Pelatih Alfred Riedl



    (ASM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id