Pengamat: Timnas Tampil Buruk, PSSI Patut Disalahkan

    Gregorius Gelino - 15 September 2019 07:00 WIB
    Pengamat: Timnas Tampil Buruk, PSSI Patut Disalahkan
    Pemain timnas Indonesia, Stefano Lilipaly, tertunduk lesu usai takluk dari Thailand (MI/Pius Erlangga)
    Jakarta: Pengamat sepak bola nasional, Estu Santoso menilai, bahwa PSSI merupakan pihak paling bertanggung jawab atas kegagalan timnas Indonesia belakangan ini. Indonesia gagal meraih satu pun kemenangan dalam dua laga awal kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia melawan Malaysia dan Thailand meski bermain di markas sendiri, Stadion Utama Gelora Bung Karno.

    Estu tidak menampik bahwa pelatih Simon McMenemy memiliki tanggung jawab terhadap tim. Namun, ia menegaskan bahwa kegagalan PSSI dalam mengatur jadwal kompetisi Liga 1 Indonesia merupakan sumber masalah utama.

    "Saya tidak mau komentari teknik karena saya bukan pelatih. Tapi, banyak pendukung atau netizen yang ngomong 'apakah ini skuat terbaik'? Menurut saya ini skuat terbaik, Simon pelatih terbaik. Masalahnya si pemain itu wadahnya (kompetisi) baik atau engga," kata Estu Santoso kepada medcom.id pada Sabtu (14/9/2019).

    Estu berpandangan beberapa pemain yang terlambat bergabung dengan timnas kesulitan beradaptasi. Hal ini menjadi masalah karena kerja sama tim menjadi tak optimal.

    Hal ini, menurut Estu, bersumber dari amburadulnya jadwal kompetisi. Padahal, beberapa tahun lalu Indonesia mampu menjadwalkan kompetisi dengan lebih baik.

    Estu juga merasa bahwa keputusan PSSI untuk membubarkan seluruh staf kepelatihan Luis Milla kurang tepat. Ia menilai keberadaan staf pelatih Milla akan meringankan beban McMenemy.

    "Ini kan peralihan dari Luis Milla ke Simon, dua kutub yang berbeda. Kenapa tim (pelatih) Luis Milla tidak dijadikan pembantunya Simon? Misalnya mas Bima Sakti," urainya.

    Estu menjelaskan bahwa kontinuitas merupakan hal fundamental dalam sepak bola. Ia mencontohkan bagaimana Indra Sjafri yang merupakan mantan pelatih U-19 'naik kelas' menjadi pelatih U-23 seiring bertambahnya usia para pemainnya di timnas U-19.

    Video: Lacazete Absen Hingga Oktober Akibat Cedera

     



    (ASM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id