Perubahan Format Promosi-Degradasi Bikin Tim Liga 2 Makin Rugi?

    Rendy Renuki H - 05 Juni 2020 00:12 WIB
    Perubahan Format Promosi-Degradasi Bikin Tim Liga 2 Makin Rugi?
    Pertemuan 15 klub Liga 2 2020 secara langsung dan virtual di Jakarta Selatan, Kamis 4 Juni
    Jakarta: PSSI mengusung sejumlah opsi jika kompetisi musim 2020 dilanjutkan. Salah satunya pemberlakuan format baru sistem promosi dan degradasi.

    Opsi itu diusung PSSI saat rapat virtual, Selasa 2 Mei lalu. PSSI memberikan opsi meniadakan degradasi di Liga 1 2020, serta pembatasan tim promosi dari Liga 2.

    Nantinya, hanya dua tim yang akan promosi ke kasta tertinggi. Sedangkan kuota musim lalu, Liga 2 bisa mempromosikan tiga tim ke Liga 1.

    Opsi itu dinilai mengurangi esensi sebuah kompetisi, terutama di Liga 2. Tim Liga 2 semakin merugi, karena harus bermain saat pandemi korona, ditambah peluang promosi makin kecil.

    "Kalau kita mau membicarakan esensi kompetisi secara real, itu sangat tidak masuk akal. Karena dasarnya apa juga tidak bisa seperti itu," kata Presiden Persiba Balikpapan, Gede Widiade, saat menggelar pertemuan langsung dan virtual dengan klub Liga 2 lainnya di Jakarta Selatan, Kamis 4 Juni.

    "Tapi kalau rekan-rekan punya pemikiran karena ini dalam masa-masa yang luar biasa (pandemi korona), ya sah-sah saja. Tapi pasti akan banyak orang yang menilai negatif," sambungnya.

    Opsi tersebut menurut Gede harus disosialisasikan terlebih dahulu, terutama kepada tim Liga 2. Pasalnya ia mengakui sejauh ini belum ada penjelasan perubahan format promosi dan degradasi dari PSSI.

    Apalagi situasi klub pun saat ini diakuinya sedang carut-marut imbas pandemi korona. Sehingga bukan tak mungkin klub harus mengorbankan faktor kesehatan dan finansial saat menjalani kembali kompetisi.

    "Tolong diklarifikasi karena dasar pemikiran menggelar kembali kompetisi dengan opsi tersebut hanya PSSI dan LIB (PT Liga Indonesia Baru) yang mengetahuinya. Pasti sebuah institusi, LIB maupun PSSI, mempunyai dasar pemikiran. Kalau kita ngomong normatif memang tidak ideal. Perubahan itu pasti ada dasarnya, ada latar belakangnya. Yang tahu siapa, yang tahu LIB sama PSSI," pungkas eks Direktur Utama Persija Jakarta itu. 

    PSSI berencana melanjutkan kompetisi pada Semptember atau Oktober mendatang. Biasanya, Liga 2 akan kembali dilanjutkan dua pekan setelah Liga 1 berjalan.

    PSSI hingga kini masih belum memutuskan kapan Liga 1 dan Liga 2 kembali diputar. Mereka akan menentukannya dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) dalam waktu dekat.

    (RIZ)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id