Piala Gubernur Jatim tidak Menoleransi Suporter Ricuh

    Amaluddin - 07 Februari 2020 05:02 WIB
    Piala Gubernur Jatim tidak Menoleransi Suporter Ricuh
    Suporter Persebaya membakar papan sponsor usai pertandingan Liga 1 2019 antara Persebaya dan PSS Sleman di Stadion Gelora Bung Tomo. (ANTARA FOTO/Moch Asim)
    Surabaya: Selain untuk mengasah kemampuan klub pesertanya, ajang Piala Gubernur Jawa Timur (Jatim) 2020 juga terselenggara untuk menyatukan seluruh elemen suporter. Jika tetap terjadi ricuh antar suporter, PSSI Jatim siap memberikan sanksi tegas.

    "Kita akan memberi sanksi tegas berupa tidak boleh menonton timnya bermain. Jadi ketika ada laga, maka tim tersebut (bakal tampil) tanpa suporter," tegas Ketua Asprov PSSI Jatim, Ahmad Riyadh, di Surabaya, Kamis (6/2/2020).

    Riyadh menyadari tidak mudah menyatukan suporter yang selama ini bersiteru, khususnya Bonekmania (suporter Persebaya Surabaya) dengan Aremania (suporter Arema FC). Namun upaya perdamaian terus dilakukan, salah satunya lewat Piala Gubernur Jatim 2020.
     
    Selain itu, program Jambore Suporter yang sudah digagas  belum terlaksana karena terbentur program Kemenpora. Harapannya program tersebut juga bisa menyatukan semua elemen suporter di Jatim. 

    "Jambore suporter gagal dilaksanakan karena Menpora ingin mengadakan kegiatan untuk mempersatukan suporter. Tidak mudah untuk menyatukan elemen suporter. Di Jatim saja, masih ada elemen suporter yang belum bisa dipersatukan," katanya.

    Maka dari itu, lanjut Riyadh, Pemprov Jatim akan melakukan pakta integritas untuk menyatukan seluruh elemen suporter di Jatim. Upaya ini merupakan tindak lanjut pertemuan sejumlah elemen suporter dengan Kapolda Jatim agar setiap pertandingan sepak bola di Jatim berlangsung aman dan tertib.

    "Saya katakan kepada Kapolda, bahwa sampai kapanpun tidak akan bisa menyatukan suporter. Yang bisa membuat pertandingan berjalan aman dan lancar, hanya profesionalisme suporter. Mendukung tim kesayangannya dengan tertib dimanapun mainnya," pungkasnya.

    Ada beberapa elemen-elemen suporter di Jatim, yaitu Bonekmania (Persebaya Surabaya), LA Mania (Persela Lamongan), Aremania (Arema Malang), Ultrasmania (Gresik Uinted), Sakeramania (Madura United), dan Persik (Persik Kediri).

    "Melalui Piala Gubernur ini, kita ingin seluruh elemen suporter di Jatim untuk bersatu. Kita akan membuat pakta integritas yang ditandatangani oleh semua elemen suporter," kata Sekdaprov Jatim, Heru Tjahjono.




    (KAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id