Arema FC Bakal Bentuk Departemen Suporter

    Daviq Umar Al Faruq - 01 Februari 2020 17:42 WIB
    Arema FC Bakal Bentuk Departemen Suporter
    Sejumlah suporter klub Arema Malang melakukan gerakan koreografi. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
    Malang: Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) berencana membentuk Divisi Pembinaan Suporter. Kebijakan tersebut direspon positif oleh salah satu klub di Liga 1, Arema FC.

    Media Officer Arema FC, Sudarmaji, mengatakan klubnya pun saat ini tengah menggodok departemen suporter. Hal ini dilakukan agar keberadaan Aremania (julukan suporter Arema FC) dapat lebih terkoordinir.

    "Departemen suporter tentunya kita ingin satu visi dan misi dengan program-program yang disusun oleh divisi suporter milik PSSI," katanya.

    Sudarmaji menjelaskan adanya program pembinaan suporter dari PSSI ini tentunya disepakati oleh seluruh klub di Indonesia. Sebab, program ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya perilaku-perilaku negatif suporter.

    "Dan kita optimis tentunya tahun ini akan banyak edukasi kepada suporter," ungkapnya.

    Manajemen Arema juga optimis dengan adanya departemen suporter, maka Aremania akan banyak belajar dari masalah-masalah yang menimpa Arema sebelumnya.

    "Karena tahun lalu kerugian kami (dari denda sanksi suporter) hampir lebih Rp1 miliar. Itu tentunya akan berdampak pada Arema," bebernya.

    Sudarmaji menerangkan klubnya setidaknya mengeluarkan biaya sebesar Rp28 miliar untuk membeli dan menggaji pemain serta tim pelatih. Bila ditotal dengan keperluan lainnya dalam setahun, Arema bisa merogoh kocek sebesar Rp35 miliar.

    "Jadi jangan sampai ada aktivitas-aktivitas yang justru merugikan suporter, karena itu akan berdampak pada finansial klub," terangnya.

    Oleh karena itu dalam waktu dekat manajemen Arema bakal menggelar diskusi dengan perwakilan suporter. Dalam pertemuan itu dua pihak bakal berbicara dari hati ke hati.

    "Jadi apa sih yang diharapkan oleh supporter. Kalaupun ada titik lemah dari manajemen atau panpel tentu kami akan berbenah. Tapi tentu semuanya harus sama-sama saling membangun. Sehingga kami optimistis musim ini kami bisa meminimalisir perilaku-perilaku negatif di lapangan," pungkasnya.

    Video: Pablo Mari Resmi di Arsenal hingga Sayap AC Milan Suso Pindah ke Klub Sevilla






    (RYN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id