Penjelasan Kubu Persija terkait Batal Tanding Lawan Persebaya

    M. Rizky Adhestian - 04 Juni 2018 13:28 WIB
    Penjelasan Kubu Persija terkait Batal Tanding Lawan Persebaya
    Skuat Persija. (Foto: Antara/Wahyu Putro A)
    Jakarta: Manajer Persija Jakarta Ardhi Tjahjoko menyebut timnya dan Persebaya Surabaya sudah mengaku siap untuk menghelat pertandingan di Stadion Sultan Agung Bantul pada Minggu 3 Juni tadi malam. Namun, pihak kepolisian yang bertindak sebagai penegak keamanan memutuskan membatalkan laga tersebut.

    Pembatalan ini sebelumnya dikabarkan menyusul kerusuhan yang terjadi di area Stadion Sultan Agung. Beberapa kali bentrok terjadi antara suporter Persija, The Jakmania dengan suporter Persebaya, Bonek.
    "Sudah diumumkan (dibatalkan), diumumkan lewat pengeras suara (stadion)," kata Kepala Bidang Humas Polda DIY, AKBP Yuliyanto

    Meski sempat diisukan terdapat keganjilan dalam pembatalan laga tersebut, Gede Widiade selaku Direktur Persija menekankan keputusan tersebut demi alasan keamanan. Ia juga mengaku segera berkoordinasi dengan PT. LIB terkait kemungkinan reschedule pertandingan.

    "Sekali lagi, situasi di lapangan yang membuat pertandingan akhirnya batal digelar. Nyawa lebih penting dari pertandingan malam ini. Jadi kami harap semua pihak bisa menyadari dan menjadikan kejadian ini sebagai pelajaran," kata Gede.

    "Kami segera melakukan koordinasi dengan manajemen dan Panpel terkait lokasi pertandingan. Yang penting tempatnya memenuhi syarat digelarnya pertandingan," ujar Gede.

    Baca: Bentrok Suporter, Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya Dibatalkan


    Ardhi selaku manajer klub juga menegaskan kedua tim sejatinya telah siap untuk berduel malam itu. Peluit kick-off tinggal menunggu konfirmasi pihak keamanan.

    "Kan saya ikut rapat yang jam tiga. Intinya, di rapat itu ada saya sebagai manajer Persija, manajer Persebaya, ada Kapolres dari pihak kepolisian, Panpel (Panitia pelaksana), kemudian ada beberapa orang lagi," kata Ardhi saat dikonfirmasi medcom.id, Senin 4 Juni 2018.

    "Pada rapat itu sudah disepakati bahwa kedua tim siap untuk main. Tapi, yang keberatan dari pihak keamanan, yang dalam hal ini adalah kepolisian. Kemudian mereka dari pihak kepolisian akan berkoordinasi secara internal," sambungnya.

    "Batas waktunya sampai sebelum buka puasa. Jadi setelah kita putuskan oke seperti itu, udah kita nunggu berita dari kepolisian. Lalu saya denger berita sesudah buka (puasa), bahwa pertandingan tidak digelar, dibatalkan, dari pihak kepolisian," tegas Ardhi.

    PT. LIB sendiri telah memastikan bahwa pertandingan Persija kontra Persebaya pada pekan ke-12 Go-Jek Liga 1 2018, gagal terlaksana. Untuk putusan berikutnya terkait status pertandingan tersebut, akan diumumkan secepatnya.

    Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

    Video: Laga Indonesia vs Thailand Berakhir Tanpa Gol



    (ASM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id