Jacksen F Tiago: Persipura Jangan Cepat Puas

    Ahmad Mustaqim - 18 September 2019 14:22 WIB
    Jacksen F Tiago: Persipura Jangan Cepat Puas
    Jacksen F Tiago (kiri). (Foto: medcom.id/Ahmad Mustaqim)
    Sleman: Persipura Jayapura berupaya menjaga tren positif dalam lanjutan Liga 1 musim ini. Tantangan pertama, mereka wajib meredam permainan PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Kamis 19 September 2019. 

    Di bawah asuhan pelatih Jacksen F Tiago, Persipura tampil cukup konsisten. Bersama Jacksen, Persipura telah mengemas enam kemenangan, sekali imbang, dan dua kekalahan. 

    Adapun rekap pertandingan Persipura di bawah nakhoda Jacksen yakni kalah 0-1 dari Madura United; menang 1-0 atas Bhayangkara; kalah 0-1 dari Persebaya; menang 3-1 di kandang PSIS; menang 2-0 kontra Kalteng Putra; imbang 1-1 dengan Borneo FC, serta tiga kemenangan beruntun, yakni 4-0 dari Barito Putera; 2-0 atas Persija; serta 2-0 dari Persela Lamongan. 

    Jacksen mengatakan tren positif timnya tak lepas dari kemampuan pelatih dalam mengenali potensi para pemain. Ini tak lepas dari sang pelatih yang pernah membesut Persipura saat kompetisi dalam format Indonesia Super League (ISL). 

    "Saya coba fokus kelebihan pemain. Mental pemain sempat menurun (pada awal kompetisi). Saya coba motivasi, membuat konsep latihan yang fokus dalam proses," kata Jacksen di Stadion Maguwoharjo, Rabu 18 September 2019. 

    Usai membenahi kondisi itu, lelaki asal Brasil tersebut mulai membangun organisasi permainan secara perlahan. Hasilnya pun cukup mengesankan. 

    "Semua pemain terlibat dalam menyerang maupun bertahan sehingga tak ada celah lawan untuk menyerang dengan mudah. Membuat pemain semua terlibat dalam permainan, baik dengan maupun tanpa bola," ujarnya. 
     
    Jacksen merasa hasil pertandingan timnya di luar yang diperkirakan. Ia ingin timnya terus fokus ke setiap pertandingan, termasuk untuk melawan PSS. 

    "Kita tak boleh cepat puas karena perjalanan kita masih jauh untuk mengejar tim yang ada di papan atas," kata dia. 
     
    Ia mengakui Persipura memiliki jeda istirahat lebih singkat dibanding PSS. Persipura hanya memiliki jeda empat hari, dibanding PSS yang bisa melakukan pemulihan pemainnya sekitar enam hari. Meski begitu, ia masih optimistis dengan kekuatan timnya kendati tanpa kehadiran Marinus Wanewar dan Yu Hyun Koo yang cedera. 

    "Saya pikir akan efektif karena kita sudah lama berkumpul. Pemahaman antara pemain dan staf pelatih cukup baik, sehingga pemahaman di class room sudah menggambarkan kepada pemain terkait rencana kita untuk pertandingan besok," terangnya. 
     
    Video: Hasil Pertandingan Liga Champions 2019-2020



    (ASM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id