Sulit Menang di Kandang, PSS Ingin Lawan Main Terbuka

    Ahmad Mustaqim - 11 November 2019 21:01 WIB
    Sulit Menang di Kandang, PSS Ingin Lawan Main Terbuka
    Seto Nurdiyantoro (kanan)-Medcom.id/Ahmad Mustaqim
    Secara teknis, tamu PSS ketika bermain di Stadion Maguwoharjo bermain konsentrasi. Tim tamu lebih bagus dalam aspek bertahan.

    Sleman:
    PSS Sleman miliki catatan tak memuaskan di markas mereka, Stadion Maguwoharjo. Dari 13 laga kandang, PSS hanya mampu meraih empat kemenangan, delapan imbang, dan sekali kalah. Sejauh ini, mereka mengemas 20 poin dari laga kandang.

    Hasil itu berbanding terbalik dengan hasil laga tandangnya PSS. Dari 14 laga tandang, mereka berhasil meraih enam kemenangan, dua imbang, dan enam kekalahan. Super Elang Jawa, julukan PSS, sukses mengemas 20 poin dari laga tandang.

    Melihat perbandingan laga kandang dan tandang ini, PSS sama-sama meraih 20 poin. Bedanya, PSS lebih banyak mendapat kemenangan saat tandang. PSS saat ini bercokol di peringkat enam klasemen sementara Liga 1 Indonesia 2019 dengan koleksi 40 poin.

    Pelatih PSS Seto Nurdiantoro, mengatakan, ada sejumlah hal yang memengaruhi capaian itu. Menurut dia, faktor teknis dan non-teknis memengaruhi performa PSS sepanjang kompetisi yang sudah memasuki pekan ke-28.

    “Mungkin salah satu faktor non-teknisnya, ada keinginan yang terlalu besar pemain memenangkan pertandingan (kandang), itu justru jadi beban. Tapi kita lihat yang lain juga (faktor teknis) macam-macam,” kata Seto di Sleman, Senin 11 November 2019.

    Secara teknis, katanya, tim tamu ketika bermain di Stadion Maguwoharjo bermain konsentrasi. Ia juga menilai tim tamu lebih bagus dalam aspek bertahan.

    “Jadi fokus bertandingnya lebih. Bisa jadi seperti itu. Jadi kadang mereka kumpul di belakang, sehingga kami susah membongkar pertahanan. Dan kemudian saat terjadi counter, nah mungkin itu (penyebab faktor) teknisnya,” ucapnya.

    Ia menyadari situasi ini harus diperbaiki. Salah satunya, PSS harus lebih bermain variatif dan pandai membongkar pertahanan lawan. Apalagi PSS akan kembali bermain di kandang melawan Borneo FC pada 20 November 2019. Di putaran pertama, PSS menahan imbang 2-2 Borneo FC di Stadion Segiri Samarinda.

    “Dan kalau away, kenapa kita bisa lebih banyak mencuri poin, karena mereka (lawan), mungkin bermain terbuka, kami juga. Jadinya asyik,” katanya.

    Video: Timnas U-19 Indonesia Berhasil Lolos ke Piala Asia 2020
     



    (RIZ)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id