16 Tim Lolos ke Piala Asia, Timnas Indonesia U-16 Satu-satunya Wakil ASEAN

    Achmad Firdaus - 23 September 2019 14:07 WIB
    16 Tim Lolos ke Piala Asia, Timnas Indonesia U-16 Satu-satunya Wakil ASEAN
    Ekspresi kebahagiaan para pemain Timnas U-16 usai dinyatakan lolos ke Piala Asia U-16 2020 di Bahrain meski hanya tampil sebagai runner-up di babak kualifikasi (Foto: . ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
    Jakarta: Timnas Indonesia U-16 mencatatkan prestasi apik di fase kualifikasi Piala Asia U-16 2020. Tim besutan Bima Sakti tercatat sebagai satu-satunya wakil dari Asia Tenggara (ASEAN) yang akan tampil di putaran final Piala Asia U-16 di Bahrain tahun depan.

    Marselino Ferdinan dan kawan memang gagal menaklukkan Tiongkok pada laga pamungkas penyisihan Grup G, Minggu 22 September kemarin. Hanya bermain imbang 0-0, Timnas U-16 harus merelakan tiket lolos otomatis ke anak-anak dari negeri Tirai Bambu. Tiongkok U-16 lolos otomatis ke Bahrain karena berhasil jadi juara Grup G dengan koleksi 10 poin, atau hanya unggul selisih gol dari Indonesia di posisi runner-up.

    Namun demikian, hasil tersebut tak lantas menghentikan mimpi mereka untuk berlaga di Bahrain pada ajang Piala Asia U-16 tahun 2020. Kerja keras yang mereka tunjukkan sepanjang empat pertandingan di Grup G (tidak terkalahkan) membuahkan hasil. Sesaat setelah grup-grup lain merampungkan pertandingan terakhirnya, Indonesia dinyatakan berhak lolos ke Piala Asia U-16 dengan status salah satu runner-up terbaik.

    Timnas U-16 menempati posisi dua dari empat tim yang lolos dengan status runner-up terbaik. Keempat tim ini sama-sama mengoleksi tujuh poin (kemenangan Indonesia atas Kepulauan Mariana tidak dihitung karena grup lain hanya berisikan empat tim).

    Meski kemenangan 15-1 atas Kepulauan Mariana tidak dihitung, Indonesia masih memiliki selisih gol (+12) yang membuat mereka lolos bersama dengan Yaman (+12) dan Uzbekistan serta Oman yang sama-sama memiliki selisih gol (+3).

    Kesuksesan Timnas U-16 ini pantas diapresiasi. Pasalnya, Indonesia jadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang berhasil lolos ke putaran final. Beberapa tim kuat ASEAN seperti Vietnam dan Thailand gagal lolos meski berstatus runner-up di grupnya masing-masing.

    Dengan hasil ini, Timnas Indonesia U-16 berarti sudah tujuh kali lolos ke ajang sepak bola junior antarnegara Asia terbaik, atau yang kedua secara beruntun. Tahun lalu, Timnas U-16 yang saat itu dilatih Fakhri Husaini tampil apik dan melaju hingga babak perempat final sebelum disingkirkan Australia (2-3).

    Secara prestasi, pencapaian terbaik Indonesia adalah menjadi peringkat keempat pada 1990.

    Ajang Piala Asia U-16 2020 rencananya diadakan pada 16 September hingga 3 Oktober 2020 di Bahrain. Selanjutnya, ke-16 tim ini akan dibagi ke dalam empat grup di mana dua tim terbaik di tiap grup akan berhak mendapatkan tiket perempat final. Selanjutnya, empat tim yang berhasil lolos ke babak semifinal akan mendapatkan tiket otomatis ke Piala Dunia U-17 2021.

    Berikut, 16 tim yang lolos ke Piala Asia U-16 2020 di Bahrain:
    1. Bahrain (Tuan rumah)
    2. Tajikistan (Juara Grup A)
    3. India (Juara Grup B)
    4. Iran (Juara Grup C)
    5. Arab Saudi (Juara Grup D)
    6. Qatar (Juara Grup E)
    7. Uni Emirat Arab (Juara Grup F)
    8. Tiongkok (Juara Grup G)
    9. Australia (Juara Grup H)
    10. Korea Utara (Juara Grup I)
    11. Jepang (Juara Grup J)
    12. Korea Selatan (Juara Grup K)
    13. Yaman (Runner up terbaik 1)
    14. Indonesia (Runner up terbaik 2)
    15. Uzbekistan (Runner up terbaik 3)
    16. Oman (Runner up terbaik 4)

    Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

    Video: ?Hasil Laga Final China Open 2019, Ini Juara-juaranya




    (ACF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id