Bayar Tebusan, Ronaldinho Jadi Tahanan Rumah

    Media Indonesia - 09 April 2020 09:39 WIB
    Bayar Tebusan, Ronaldinho Jadi Tahanan Rumah
    Ronaldinho. (Foto: AFP/Norberto Duarte)
    Jakarta: Mantan superstar sepak bola dunia, Ronaldinho akhirnya bebas dari hotel prodeo, kemarin, setelah mendekam selama 32 hari di penjara Agrupacion Especializada, Paruguay.

    Situasi lockdown di Ibu Kota Paraguay --karena merebaknya wabah korona-- membuat majelis hakim pengadilan menyampaikan keputusan itu melalui telepon seluler kepada Ronaldinho, dengan sepengetahuan jaksa penuntut dan pengacara.

    Salah satu penyerang terbaik yang pernah dimiliki Selecao--julukan tim nasional Brasil--itu tampak bahagia setelah keputusan tersebut.

    Dengan mengenakan oblong dan topi warna hitam, ia memberi tanda jempol kepada awak media.

    Bebasnya eks pemain Barcelona dan saudaranya, Roberto Assis, itu terjadi setelah mereka membayar uang jaminan sebesar USD1,6 juta, atau sekitar Rp26 miliar.

    "Ini jaminan uang tunai yang signifikan untuk menjamin mereka tidak akan melarikan diri," kata seorang hakim di pengadilan Paraguay, Gustavo Amarilla.

    Namun, uang jaminan itu hanya membuat Ronaldinho keluar dari penjara. Pemain terbaik dunia 2005 itu masih harus menjadi tahanan rumah.

    Majelis hakim Paraguay mengizinkan Ronaldinho tinggal di Hotel Palmaroga, sebuah hotel mewah di pusat Kota Asuncion, sambil menunggu kelanjutan sidang.

    "Saya mendapat kepastian dari manajer hotel bahwa mereka dapat mengamati tahanan rumah di sana," kata Amarilla.

    Sebelumnya, Ronaldinho dan Assis ditahan setelah membawa paspor palsu ketika memasuki Paraguay untuk ambil bagian dalam sejumlah kegiatan badan amal.

    Ronaldinho yang disambut bak rockstar di Asuncion tidak mengetahui paspor yang diberikan badan amal itu ternyata palsu, 7 Maret silam.

    Surat perintah penangkapan telah dikeluarkan untuk pengusaha
    Paraguay yang bertanggung jawab atas yayasan amal yang mengundang Ronaldinho itu.

    Selain itu, 14 orang lainnya telah didakwa dalam kasus itu, yang telah meluas ke penyelidikan kemungkinan kasus pencucian uang.

    Selama berada di balik jeruji besi, eks pemain AC Milan itu tetap sibuk dengan ikut serta dalam sejumlah pertandingan sepak bola penjara.

    Pahlawan kesuksesan Brasil saat menjuarai Piala Dunia 2002 itu menyumbang sebuah piala pada turnamen futsal para tahanan. Beberapa foto dan video itu menjadi viral setelah dirilis.

    Video: Son Heung-Min akan Jalani Wajib Militer



    (ASM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id