Indonesia Waspadai Singapura, Jangan Terlena Kemenangan dari Thailand

    Rendy Renuki H - 27 November 2019 07:06 WIB
    Indonesia Waspadai Singapura, Jangan Terlena Kemenangan dari Thailand
    Timnas Indonesia U-23 yang tampil di SEA Games 2019 Filipina (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
    Jakarta: Timnas Indonesia U-23 sukses meraih kemenangan 2-0 atas Thailand pada laga Grup B cabang olahraga SEA Games 2019 Filipina, Selasa 26 November. Namun kemenangan tersebut dinilai jangan membuat Garuda Muda terlena.
     
    Pasalnya Indonesia masih akan menghadapi lawan kuat di Grup B yang disebut sebagai 'grup neraka'. Usai menghadapi Thailand, Indonesia masih akan bertemu Singapura dan Vietnam yang diprediksi menjadi batu sandungan lain Timnas U-23.

    "Kalau melihat rival utama kan Thailand, sudah bisa dikalahkan. Sekarang kuncinya bagaimana meraih hasil bagus juga melawan Vietnam," kata pengamat sepak bola, Juprianto Alexander kepada Medcom.ID, Selasa 26 November.

    "Tapi kan sebelum itu ada Singapura. Meski di atas kertas tidak lebih baik dari Thailand dan Vietnam, tapi harus diwaspadai," sambungnya.

    Bukan tanpa sebab, pengamat yang juga jurnalis sepak bola itu menilai kekuatan Singapura mulai berkembang. Terbukti Singapura mampu menjuarai turnamen Merlion Cup pada Juni lalu.

    Singapura berhasil mengalahkan Thailand di partai final turnamen tersebut. Sedangkan Indonesia harus puas meraih juara ketiga usai menaklukkan Filipina. 

    "Singapura ada beberapa pemain yang sama saat juara Merlion Cup. Artinya tim ini bisa menjadi kuda hitam juga di Grup B. Meskipun cuma Indonesia, Thailand, dan Veitnam yang dijagokan bisa lolos.

    Tim asuhan pelatih Indra Sjafri juga dinilai jangan terlalu percaya diri atas kemenangan dari Thailand. Kepercayaan diri berlebih dikhawatirkan bisa menjadi bumerang bagi Indonesia saat menjalani sisa laga Grup B.

    "Biasanya kita kalau sudah menang makin percaya diri, takutnya jadi bumerang juga. Jangan over confidence dulu karena kan ini baru satu pertandingan. Jadwalnya juga padat setiap dua hari main, jadi rotasi pemain juga harus bagus dilakukan pelatih Indra Sjafri," pungkas Juprianto.

    Kemenangan atas Thailand membuat Indonesia saat ini menempati posisi kedua klasemen Grup B dengan meraih tiga poin. Evan Dimas Darmono Cs masih kalah agregat gol dari Vietnam yang menempati puncak klasemen, meski meraih poin sama.

    Timnas U-23 selanjutnya akan menghadapi Singapura pada pertandingan kedua Grup B sepak bola SEA Games 2019, Kamis 28 November.



    (RIZ)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id