Prediksi Vietnam vs Timnas U-23: Jangan Kendur Garuda Muda!

    Kautsar Halim - 01 Desember 2019 13:40 WIB
    Prediksi Vietnam vs Timnas U-23: Jangan Kendur Garuda Muda!
    Pemain Timnas U-22 Indonesia Osvaldo Haay (bawah) merayakan gol bersama rekannya. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
    Jakarta: Timnas U-23 bakal melanjutkan perjuangan di babak penyisihan Grup B SEA Games 2019, Minggu 1 Desember pukul 19.00 WIB. Kali ini, mereka akan berhadapan dengan Vietnam yang tergolong punya kekuatan imbang.

    Vietnam memang sedang bertengger di puncak klasemen sementara dengan koleksi 6 poin. Namun, Indonesia berada tepat di bawahnya dengan beda selisih gol saja. Terhitung, ada 12 gol yang sudah Vietnam kumpulkan dalam dua laga terakhir.

    Brunei Darussalam merupakan menjadi korban pertama Vietnam di SEA Games 2019. Saat itu mereka menang telak 6-0 dan terdapat Ha Duc Chinh yang mencetak quattrick. Untuk sepasang gol lainnya, disumbang Triue Viet Hung dan Nguyen Trong Hung.

    Ketika menghadapi Laos pada laga kedua, Vietnam juga mampu mencetak enam gol. Tapi, mereka bisa kebobolan lewat set piece Phetsivilay pada menit ke-60. Nguyen Tien Linh menjadi pemain Vietnam paling produktif dengan mencetak tiga gol pada laga itu. 

    Di sisi lain, Indonesia belum pernah kebobolan dalam dua laga terakhir. Thailand dan Singapura yang menjadi lawannya, sama-sama mereka tekuk dengan skor, 2-0. Catatan ini merupakan awal yang bagus karena Thailand berstatus sebagai juara bertahan.

    Laga ketiga fase grup bakal krusial bagi Indonesia yang ingin merebut posisi puncak klasemen dan memperbesar asa menuju semifinal. Oleh karena itu, Garuda Muda dituntut jangan kendur dan bisa kembali meraih kemenangan saat menghadapi Vietnam. 

    Kesiapan Timnas U-23
    Menurut situs resmi PSSI, berbagai persiapan sudah dilakukan timnas U-23 di hotel dan Stadion Rizal Memoriam. Pelatih Indra Sjafri juga tidak ketinggalan mempersiapkan diri karena dia memprediksi bakal terjadi adu taktik yang ketat.

    "Tentu kita sudah siap untuk adu strategi dan taktik. Yang paling penting, pemain harus fokus dan tidak membuat banyak kesalahan. Seperti halnya kita, Vietnam pun pasti sudah mempelajari gaya permainan Indonesia. Mudah-mudahan kita tampil sebagai pemenang," kata Indra.

    Keterangan Indra diperkuat lagi dengan pernyataan manajer timnas U-23 Sumardji. Dia menyebutkan bahwa seluruh skuat Garudam sudah siap bertanding dan mengerahkan kemampuan maksimal. Namun, upaya tersebut tetap perlu dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Indonesia.

    "Tidak ada alasan bagi kita untuk takut lawan Vietnam. Semua pemain telah siap baik moral maupun mental. Pemulihan cedera dan stamina kita harapkan bisa dilakukan cepat," ujar Sumardji.

    Pemain Absen
    Meskipun para pemain timnas U-23 disebutkan siap bertanding, namun kenyataannya terdapat Firza Andika dan M. Rafli yang masih berkutat dengan cedera pergelangan kaki kiri. Syarif Alwi selaku dokter timnas U-23 mengonfirmasi, keduanya belum bisa dimainkan dalam laga kontra Vietnam karena kebugarannya belum fit 100 persen.

    Absennya Firza dan Rafli tentu sebuah kerugian karena timnas timnas U-23 selalu memainkan mereka sebagai starter dalam dua laga terakhir. Tapi, pelatih Indra Sjafri masih punya pengganti yang tidak kalah hebat, yakni Dodi Alexvan Dijn (bek kiri) dan Osvaldo Haay (striker).

    Head to Head
    Indonesia dan Vietnam sudah bentrok enam kali di ajang SEA Games. Rinciannya adalah tiga kali menang, dua kali kalah dan sekali seri. Pada pertemuan terakhir di SEA Games 2017 Malaysia, pertandingannya berakhir imbang tanpa gol. Sedangkan pada 2015, Indonesia dibuat kalah besar dengan skor, 0-5.

    Selain di SEA Games, timnas U-23 juga pernah dua kali bentrok dengan Vietnam di sepanjang 2019. Pertemuan pertama di semifinal Piala AFF 2019 berhasil dimenangkan Indonesia dengan skor 1-0, sedangkan pertemuan kedua di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 berhasil dimenangkan Vietnam dengan skor, 1-0.

    Prediksi Medcom.id: 50-50

     



    (KAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id