Sikap Indra Sjafri Meski Ezra Bisa Tampil di SEA Games

    Rendy Renuki H - 20 Juni 2019 09:50 WIB
    Sikap Indra Sjafri Meski Ezra Bisa Tampil di SEA Games
    Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri (Medcom/Rendy Renuki H)
    Jakarta: Timnas Indonesia U-23 berpeluang diperkuat Ezra Walian di SEA Games 2019 Manila. Peraturan status federasi yang melilit Ezra tampak tak berpengaruh di SEA Games karena ajang itu bukan di bawah naungan FIFA atau AFC.

    Mengacu kepada pernyataan PSSI, pemain RJK Waalwijk itu bisa bermain selama bukan agenda FIFA/AFC. Namun, pelatih Timnas U-23 Indra Sjafri mengambil sikap untuk tidak memaksakan Ezra masuk skuat Garuda Muda di SEA Games.

    Menurutnya, lebih elok PSSI menyelesaikan terlebih dahulu permasalahan peraturan status federasi Ezra. Di mana ia dianggap telah masuk daftar Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) karena sempat memperkuat Timnas Belanda U-17.

    "Sekjen (Ratu Tisha Destria) kan bilang ini (SEA Games) bukan agenda FIFA/AFC, jadi Ezra bisa main. Saya jawab, secara etika kita (Indonesia) di AFC, AFC melarang tidak boleh," kata Indra saat bersilaturahmi dengan awak media di Nendia Primarasa, Jakarta Selatan, Rabu 19 Juni. 

    "Terus kita pakai Ezra demi sekeping medali emas? Di mana kehormatan kita dalam berorganisasi? Makanya idealnya itu (permasalahan Ezra) selesaikan cepat," sambungnya. 

    Pelatih 56 tahun itu pun mencoba meluruskan duduk masalah yang melilit Ezra. Pemain naturalisasi itu, terang Indra, bukan terganjal status kewarganegaraan, melainkan status di feredasi KNVB.

    Di mana menurutnya ada peraturan di KNVB pemain yang telah memperkuat Timnas Belanda tidak bisa berpindah federasi. Ia mengatakan butuh waktu setidaknya dua tahun bermain di Timnas Indonesia untuk bisa menanggalkan statusnya Ezra di Timnas Belanda.

    "Kalau Ezra, perpindahan kewarganegaraan dia dari Belanda ke Indonesia selesai, tidak ada masalah," tegas mantan pelatih Bali United itu.

    "Yang ada masalah adalah perpindahan dari federasi ke federasi. Karena ada aturan federasi KNVB kalau sudah main di Timnas, dia bisa pindah kalau sudah dua tahun dia main di Timnas Indonesia," pungkas Indra.

    Timnas U-23 sendiri sedang proses persiapan tampil di SEA Games 2019 Manila. Hingga saat ini, skuat Garuda Muda telah melalui pemusatan latihan dan seleksi pemain tahan pertama.

    Skuat Garuda Muda akan melanjutkan pemusatan latihan Juli nanti. Indra Sjafri masih akan mencari 40 pemain yang kemudian akan diseleksinya kembali.

    Di mana skuat final Timnas U-23 di SEA Games 2019 Manila nantinya hanya berjumlah 20 pemain. Ke-20 pemain itu yang lantas akan didaftarkan ke SEA Games saat waktu pendaftaran 2 September.

    Usai itu, barulah skuat Garuda Muda akan dibawa Indra Sjafri melakukan persiapan khusus SEA Games. Mulai dari mematangkan taktik hingga persiapan adaptasi bermain di lapangan sintetis.

     



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id