UEFA Nations League 2018--2019

    Ronaldo Cetak Hattrick, Portugal Melaju ke Final

    Patrick Pinaria - 06 Juni 2019 06:49 WIB
    Ronaldo Cetak <i>Hattrick</i>, Portugal Melaju ke Final
    Cristiano Ronaldo (tengah) merayakan golnya ke gawang Swiss bersama rekan-rekan setimnya (Foto: AFP/Miguel Riopa)



    Timnas Portugal sukses menghajar Swiss di babak semifinal UEFA Nations League 2018--2019. Cristiano Ronaldo menjadi bintang kemenangan Selecao das Quinas pada laga tersebut.

    Porto
    : Portugal sukses melangkah ke babak final UEFA Nations League 2018--2019. Raihan tersebut didapat Selecao das Quinas setelah menghajar Swiss dengan skor 3-1 pada babak semifinal, Kamis 6 Juni dini hari WIB.

     



    Cristiano Ronaldo menjadi bintang kemenangan Portugal pada laga yang digelar di Stadion Do Dragao tersebut. Pasalnya, penyerang milik Juventus itu telah mencetak hattrick alias menyumbang seluruh gol Portugal saat itu.

    Terlepas dari performa apik Ronaldo, penampilan Portugal secara keseluruhan patut diapresiasi. Sepanjang pertandingan, tim besutan Fernando Santos tersebut tampil efektif.

    Statistik mencatat Portugal hanya bermain dengan penguasaan bola sebanyak 45,3 persen dan menciptakan 10 peluang pada laga tersebut. Namun, mereka mampu menghasilkan tiga tembakan mengarah ke gawang dan seluruhnya dikonversikan menjadi gol.

    Swiss sejatinya tampil dominan dengan menciptakan 16 tembakan sepanjang laga. Namun, mereka hanya menghasilkan satu gol.

    Baca: Eriksen Ingin Tinggalkan Tottenham Hotspur


    Peluang pertama sudah diciptakan Swiss ketika laga baru berjalan empat menit. Xherdan Shaqiri melepaskan tembakan akurat setelah mendapat umpan dari Steven Zuber. Beruntung bagi Portugal karena bola masih bisa diantisipasi Rui Patricio dengan baik.

    Swiss kembali menekan Portugal. Pada menit keenam, striker Swiss Haris Seferovic melepaskan tembakan sentuhan pertama, tetapi masih melenceng dari gawang kiper Portugal Patricio.

    Tekanan demi tekanan terus didapat Portugal. Akan tetapi, mereka tetap tampil disiplin dan mencoba untuk melakukan serangan-serangan balik mematikan. 

    Upaya keras Portugal akhirnya berbuah maksimal pada menit ke-25. Mereka sukses membobol gawang Swiss berkat tembakan keras Ronaldo dari eksekusi tendangan bebas.

    Hingga turun minum, tidak ada gol tambahan dari kedua tim. Portugal unggul 1-0.

    Memasuki babak kedua, Swiss mencoba untuk meningkatkan agresivitas demi mengejar ketinggalan. Alhasil, mereka sukses menyamakan kedudukan lewat gol Ricardo Rodriguez pada menit ke-57. Gol tersebut dicetaknya melalui eksekusi penalti.

    Kesempatan penalti didapat Swiss setelah Seferovic dilanggar bek Portugal Nelson Semedo di dalam kotak terlarang. Pelanggaran tersebut telah dilihat wasit melalui VAR.

    Baca: Origi Optimis Dapat Kontrak Baru dari Liverpool


    Swiss semakin percaya diri setelah mencetak gol tersebut. Mereka terus menggempur pertahanan Portugal, tetapi kesulitan menambah gol.

    Apes bagi Swiss. Setelah bertubi-tubi menekan Portugal, mereka justru harus kebobolan menjelang akhir pertandingan. Tepat pada menit ke-88, gawang mereka lagi-lagi dibobol Ronaldo yang sukses memanfaatkan umpan Bernardo Silva.

    Selang dua menit, Portugal sukses memperbesar keunggulan. Gol pun kembali diciptakan Ronaldo. Kali ini, mega bintang milik Juventus itu menyelesaikan umpan dari Goncalo Guedes.

    Hingga laga usai, kedua tim tidak lagi mencetak gol tambahan. Skor 3-1 bertahan dan memastikan kemenangan untuk Portugal. Dengan hasil ini, Portugal pun berhak lolos ke babak final.

    Pada babak final, Portugal akan menghadapi pemenang antara Belanda kontra Inggris di semifinal. Keduanya baru akan bertanding pada Jumat 7 Juni dini hari WIB.


    Susunan pemain:

    Portugal: Patricio, Nelson Semedo, Pepe/Fonte (63'), Ruben Dias, Guerreiro, Neves, William, Fernandes/Moutinho (90+1'), Bernardo, Joao Felix/Guedes (70'), Ronaldo.

    Swiss: Sommer, Mbabu, Akanji, Schaer, Rodriguez, Freuler/Drmic (89'), Xhaka, Zakaria/Fernandes (71'), Zuber/Steffen (83'), Shaqiri, Seferovic.


    Video: Libur Lebaran, Marko Simic Ikutan Mudik

     

    (PAT)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id