Quattrick Beto Goncalves Bantu Indonesia Hancurkan Vanuatu

    Gregorius Gelino - 15 Juni 2019 20:36 WIB
    <i>Quattrick</i> Beto Goncalves Bantu Indonesia Hancurkan Vanuatu
    Ekspresi penyerang timnas Indonesia, Beto Goncalves, usai mencetak gol ke gawang Vanuatu (Antara/Hafidz Mubarak A.)

    Empat gol Beto Goncalves dan dua gol tambahan dari Evan Dimas membuat Indonesia menang setengah lusin gol tanpa balas atas Vanuatu.


    Jakarta: Indonesia berhasil memenangkan laga perdana di bawah asuhan pelatih baru, Simon McMenemy. Skuat Garuda menghancurkan Vanuatu dengan skor telak 6-0 pada Sabtu, 15 Juni, malam.

    Status pemain terbaik layak disematkan kepada penyerang gaek, Beto Goncalves. Bomber Madura United itu mencetak empat gol alias quattrick di laga ini. Dua gol lainnya dicetak gelandang andalan timnas, Evan Dimas.

    Laga baru berjalan dua menit ketika Beto Goncalves mencetak gol pembuka. Mendapat umpan Andik Vermansyah, Beto tanpa kesulitan menaklukkan kiper Vanuatu, Dick Taiwia.

    Vanuatu hampir membuat pendukung tuan rumah terdiam di menit ke-11. Beruntung sepakan Elkington Molivakarua masih melambung meski berada dalam posisi bebas.

    Indonesia berhasil menggandakan keunggulan di menit ke-19 lewat tembakan Evan Dimas. Mendapat umpan Riko Simanjuntak, gelandang andalan timnas itu melepaskan tembakan keras yang tak mampu dibendung Taiwia.

    Irfan Bachdim hampir menambah gol bagi Indonesia di menit ke-22. Sayangnya tembakan bomber Bali United itu gagal menemui sasaran meski mendapat umpan matang Yustinus Pae.

    Vanuatu bereaksi tiga menit kemudian. Kengsi Tangis yang lolos dari jebakan offside tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Andritany, namun sepakan striker Vanuatu itu masih melambung.

    Tangis kembali menjadi momok bagi lini pertahanan Indonesia. Pergerakannya di menit ke-43 sempat menyulitkan Indonesia dan sempat berhadapan satu lawan satu dengan Andritany, tapi Yanto Basna melakukan tekel bersih dan meredam serangan Vanuatu.

    Hingga babak pertama usai, tidak ada gol tambahan yang tercipta. Skor 2-0 untuk keunggulan Indonesia tetap bertahan.

    Babak kedua baru berjalan tiga menit dan Indonesia sukses mencetak gol ketiga di laga ini. Berawal dari pergerakan Andik di sisi kiri, winger Madura United itu mengirim umpan silang ke tengah kotak penalti. 

    Kiper Vanuatu yang bermaksud menghalau bola salah mengantisipasi umpan silang dan meninggalkan sarangnya. Beto tanpa kesulitan menanduk bola ke gawang yang sudah kosong.

    Vanuatu hampir memperkecil ketinggalan di menit ke-51. Sayangnya tendangan bebas Andre Batick masih melayang tipis di atas mistar gawang Indonesia.

    Beto menorehkan hattrick dengan mencetak gol ketiganya di menit ke-61. Penyerang naturalisasi asal Brasil itu mendapat umpan Andik di luar kotak penalti dan melewati dua pemain Vanuatu sebelum melepas tembakan yang tak mampu dibendung kiper Vanuatu.

    Beto tidak terbendung di laga ini dan melengkapi malamnya dengan mencetak quattrick di menit ke-65. Penyerang 38 tahun itu mencetak gol dengan sundulan setelah memanfaatkan umpan silang Andik di sisi kanan.

    Dedik Setiawan hampir menambah keunggulan Indonesia di menit ke-73. Sayangnya tembakan voli penyerang Arema itu memanfaatkan umpan silang Irfan masih mengarah tepat ke pelukan kiper Vanuatu. 

    Namun, Dedik membayar kesalahannya dua menit berselang dengan memberi assist untuk gol kedua Evan. Setelah mencuri bola dari pemain Vanuatu di lini tengah, ia menggiring bola melewati satu pemain sebelum melepas umpan terobosan ke arah Evan yang melepas tendangan melewati sela-sela tangan kiper Vanuatu..

    Tangis hampir mencetak gol bagi Vanuatu di menit ke-89. Ia mampu mencuri bola dari Yanto Basna di depan kotak penalti Indonesia, beruntung tembakannya dari sudut sempit masih lemah dan dapat diamankan kiper pengganti, Awan Setho.

    Hingga wasit meniup peluit panjang, tidak ada gol tambahan tercipta. Indonesia pun menutup laga dengan kemenangan 6-0 atas Vanuatu.

    Susunan pemain:

    Indonesia (4-4-2): Andritany (Awan Setho 71'); Yustinus Pae, Yanto Basna, Hansamu Yama, Ricky Fajrin; Andik Vermansyah, Zulfiandi, Evan Dimas (Arthur Bonai 77'), Riko Simanjuntak (Febri Haryadi 59'); Irfan Bachdim (Rizky Pora 80'), Beto Goncalves (Dedik Setiawan 69')

    Vanuatu (4-4-2): Dick Taiwia; Michel Coulon, Joseph Solo, Selwyn Vatu (Jonathan Spokeyjack 72'), Jason Thomas; Elkington Molivakarua, John Alick, Daniel Natou, Bong Kalo; Tony Kaltak (Azariah Soromon 68'), Kensi Tangis (Ronaldo Wilkins 92')

    Video: Eks Pelatih Madrid Sarankan Bale Mencari Klub Baru

     



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id