Imbas Virus Korona, Inter vs Ludogrets Bergulir Tanpa Penonton

    Kautsar Halim - 25 Februari 2020 10:50 WIB
    Imbas Virus Korona, Inter vs Ludogrets Bergulir Tanpa Penonton
    Skuat Inter Milan. (NIKOLAY DOYCHINOV / AFP)
    Milan: Sejumlah pertandingan liga domestik dan Liga Europa di Italia akan dimainkan tanpa penonton sepanjang pekan ini. Hal itu dilakukan guna memerangi penyebaran virus korona.

    Menteri Olahraga Italia, Vincenzo Spadafora, mengatakan keputusan itu diambil berdasarkan permintaan berbagai pihak dunia olahraga. Dia pun menegaskan terdapat enam arena di Italia Utara yang tidak boleh dihadiri penonton. 

    "Kami telah menyepakati untuk menyelenggarakan pertandingan tanpa kehadiran penonton tersebut," kata Menteri Olahraga Italia, Vincenzo Spadafora.

    Inter Milan turut mengumumkan bahwa pertandingan kontra Ludogorets di Liga Europa akan bergulir tanpa kehadiran para penonton. Meski begitu jadwalnya tidak berubah, yakni Kamis 27 Februari waktu setempat atau Jumat 28 Februari dini hari WIB.

    "Melalui kesepakatan dengan UEFA, otoritas kesehatan daerah Lombardy dan dewan kota Milan, pertandingan kami melawan Ludogorets akan dimainkan tanpa penonton," demikian pernyataan Inter.

    Menteri Olahraga Spadafora tidak menyebut secara detail pertandingan Serie A mana saja yang akan dimainkan tanpa penonton pada akhir pekan ini. Namun yang pasti, terdapat enam pertandingan yang dijadwalkan bergulir, termasuk Juventus kontra Inter Milan.

    Media lokal melaporkan terdapat tujuh korban jiwa akibat virus korona hingga Senin 24 Februari waktu setempat. Jumlah itu merupakan  kasus terkonfirmasi paling banyak di Eropa.

    Sebanyak 11 kota, 10 di antaranya berada di Lombardy dan satu kota di Veneto telah ditutup aksesnya. Pemerintah setempat juga melarang 50.000 penduduk di area tersebut untuk meninggalkan kota.

    Meski demikian, pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions antara Napoli vs Barcelona tidak berisiko dimainkan tanpa penonton. Untuk jadwalnya sendiri tetap bergulir pada Selasa 25 Februari atau Rabu 26 Februari WIB.

    Alternatif selain melarang kehadiran penonton adalah menunda pertandingan. Presiden Liga Sepak bola Italia Gabriele Gravina secara terbuka menyatakan menentang ide tersebut.

    "Kami telah mengajukan permintaan resmi kepada Menteri Kesehatan Italia, Roberto Speranza, untuk memainkan pertandingan tanpa kehadiran penonton," kata Gravina kepada media, Minggu 23 Februari lalu.

    "Kami mengharapkan respon cepat, namun telah diberi tahu bahwa hasilnya akan positif," tambahnya.

    Sejumlah cabang olahraga lainnya juga terkena dampak  karena Komite Olimpiade Italia (CONI) mengonfirmasi telah setuju dengan instruksi pemerintah. Alhasil, semua kegiatan olahraga di Lombardy dan Veneto ditunda. 

    Pemerintah daerah juga telah memerintahkan untuk menutup tempat-tempat kerumunan banyak orang, seperti bar, restoran, dan bioskop. (AFP/ANT)




    (KAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id