Imbangi Tiongkok, Timnas U-16 Tetap Lolos ke Piala Asia 2020

    Kautsar Halim - 22 September 2019 21:47 WIB
    Imbangi Tiongkok, Timnas U-16 Tetap Lolos ke Piala Asia 2020
    Pemain Timnas Indonesia U-16 menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum pertandingan melawan Timnas China U-16 pada laga kualifikasi Piala AFC U-16 2020. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
    Jakarta: Timnas U-16 bermain imbang dengan Tiongkok pada laga pamungkas Grup G Kualifikasi Piala Asia 2020, Minggu 22 September. Saat itu, laga berakhir dengan skor kacamata, 0-0.

    Pertandingan Indonesia kontra Tiongkok berlangsung menarik di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Kedua tim sama-sama tampil agresif untuk mencetak gol dan memastikan kemenangan.

    Kendati demikian, timnas Indonesia selaku tuan rumah terpantau punya lebih banyak peluang. Hanya saja, tidak ada penyelesaian akhir yang dilakukan dengan sempurna sampai dengan laga berakhir. 

    Salah satu peluang Indonesia yang paling matang tercipta pada menit ke-39. Saat itu, Ahmad Athallah tampil ciamik dengan menunjukkan kecepatannya dari sayap, tapi sepakannya malah membentur tiang.

    Tiongkok mendapat beberapa peluang lewat bola mati atau serangan balik pada babak pertama. Tapi biasanya masih bisa diadang bek Indonesia sebelum bola menyasar gawang. 

    Menginjak babak kedua, Marselino Ferdinan nyaris menciptakan gol untuk timnas U-16 saat menyundul umpan tendangan sudut rekannya pada menit ke-73. Namun, kiper Tiongkok Li Hao masih bisa membacanya dengan baik.

    Ritme permainan makin meningkat pada pengujung babak kedua. Timnas U-16 berhasil mendominasi permainan dan memaksa Tiongkok tampil lebih bertahan. 

    Saking kokohnya pertahanan tersebut malah membuat para pemain Indonesia kehabisan akal menuju area penalti atau melancarkan tembakan ke arah gawang. Skor imbang tanpa gol tidak berubah hingga peluit panjang berbunyi.

    Hasil imbang ini memang belum membuat timnas U-16 lolos otomatis sebagai peserta putaran final Piala Asia 2020. Tapi, mereka berhak melangkah dengan status runner up terbaik.

    Indonesia menjadi runner up Grup G dengan koleksi 10 poin. Tiongkok menjadi juara grup karena unggul selisih gol. Hasil laga kontra Kepulauan Mariana tidak masuk dalam hitungan karena Grup G memiliki peserta paling banyak.

    Dengan begitu artinya, timnas U-16 menutup fase Grup G dengan koleksi 7 poin dan produktivitas 12 gol. Qatar dan Yaman masih berpeluang menggeser timnas U-16 di posisi puncak runner up terbaik. Tapi setidaknya, Indonesia tidak akan keluar dari posisi empat besar runner up terbaik.  

    Susunan Pemain
    Indonesia U-16 (4-3-3): Made Putra Kaicen; Aditya Rangga (Alfin Lestaluhu 85'), Marcell Januar, Dimas Juliono, Alexandro Felix (Kadek Arel 82'); Resa Aditya, Aditya Daffa (Muhammad Valeron 88'), Marselino Ferdinan; Mochamad Faizal, Athallah Araihan, Ruy Arianto.


    Tiongkok U-16 China (4-3-3): Li Hao; Li Suda, Zhang Yixuan, Ailikuti Aishajiang, Xiang Rongjun; Zhang Wenxuan, Xu Bin, He Xiaoke (Zeng Yaozhang 77'); Liu Ruichen (Hujang Peizhaq 83'), Maiwulang Mijiti (Zherzhati Nuer 90+4'), Fan Chao.



    (KAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id