Eksklusif: Ketum PSSI Bicara Persiapan Piala Dunia U-20

    Rendy Renuki H - 27 Februari 2020 11:02 WIB
    Eksklusif: Ketum PSSI Bicara Persiapan Piala Dunia U-20
    Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (Medcom.ID/Rendy Renuki H)
    Jakarta: Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 mendatang. Persiapan menjadi tuan rumah pun dijelaskan gamblang Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

    PSSI menurutnya berupaya meloloskan 11 venue pertandingan di ajang tersebut. Proses persiapan pun menurutnya telah mengarah kepada standar yang sesuai dengan keinginan FIFA.

    Awalnya, PSSI telah menunjuk 10 stadion sebagai venue Piala Dunia U-20. Di antaranya Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Pakansari (Kab. Bogor), Stadion Patriot (Bekasi), Stadion Wibawa Mukti (Cikarang). 

    Serta Stadion Si Jalak Harupat (Kab. Bandung), Stadion Mandala Krida (Yogyakarta), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Wayan Dipta (Bali). Namun ada penambahan Stadion Utama Riau(Pekanbaru) yang menjadi 11 venue.

    "Ada 10 nominasi wilayah yang menjadi venue Piala Dunia, bertambah satu yaitu Pekanbaru. kami akan menulis surat ke FIFA ada tambahan. Saya melihat persiapan kita Alhamdullah sudah mengarah kepada apa yang diinginkan FIFA," kata Iriawan saat wawancara khusus dengan Direktur Pemberitaan Medcom.ID, Abdul Kohar, Selasa 25 Februari.

    Baca juga: Eksklusif: Iwan Bule Garansi Jadwal Liga 1 tak Tumpang Tindih

    "Dari sekian venue, untuk stadion utama rata-rata sudah tinggal sedikit saja perbaikannya. Artinya standarnya dari FIFA sudah hampir sesuai, paling penambahan beberapa kursi yang belum ada," sambung pria yang karib disapa Iwan Bule.

    Menurutnya, persiapan yang masih menjadi fokus dan perlu percepatan pembangunannya adalah sarana penunjang. Seperti lapangan latihan yang harus sesuai dengan standar yang ditetapkan FIFA.

    "Yang jadi permasalahan adalah lapangan-lapangan latihan. Pendukungnya itu satu lapangan utama yang besar, serta lima lapangan latihan, empat untuk pemain, satu untuk wasit. Itu yang sedang kita geber supaya bisa cepat dibangun atau yang sudah ada direvitalisasi," tutur Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional tersebut.

    Meski demikian, Iriawan optimistis segala persiapan Piala Dunia U-20 akan rampung sebelum dimulainya penyelengaraan pada 20 Mei 2021. Apalagi PSSI diakuinya kerap mendapatkan dukungan penuh dari Presiden Joko Widodo dalam persiapan Piala Dunia U-20.

    "Kembali kami sampaikan rasa hormat kepada Presiden. Beliau menulis surat kepada presiden FIFA berkaitan sebagai tuan rumah. Bukan tidak ada yang tidak mau, banyak negara yang ingin juga. Tapi ada jaminan dari Presiden kita untuk menjamin kita siap melaksanakan Piala Dunia U-20 2021," pungkasnya.

    *Simak wawancara lengkap Ketua Umum PSSI di channel YouTube Newsmaker Medcom.ID, Kamis 27 Februari pukul 17.00 WIB.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id