10 Agen Sepak Bola Paling Oke di Dunia

    Patrick Pinaria - 06 Juni 2020 08:00 WIB
    10 Agen Sepak Bola Paling Oke di Dunia
    Mino Raiola (Foto: AFP/Valery Hache)
    Jakarta: Dunia sepak bola tak melulu menjadi panggung buat pemain dan pelatih. Tetapi, juga untuk para agen. Mereka pun memiliki peran besar dalam dunia persepakbolaan, meski hanya di balik lapangan.

    Mengorbitkan pemain dan pelatih menjadi peran besar yang diemban seorang agen sepak bola. Bahkan, bisa dikatakan, nasib pelatih dan pemain bergantung pada baik atau tidaknya kinerja agen.

    Setidaknya ada sepuluh agen terbaik dunia pada 2020. Berikut di antaranya yang sudah dirangkum Medcom.id:

    10. Barry Silkman

    10 Agen Sepak Bola Paling Oke di Dunia

    (Twitter Barry Silkman)

    Barry Silkman sejatinya sudah kental dengan dunia persepakbolaan. Mengingat, ia pernah berprofesi sebagai pemain selama 16 musim. Tepatnya pada 1971 hingga 1987.

    Setelah memutuskan pensiun, Silkman melanjutkan karier sebagai agen pada 1990. Karier yang semakin membesarkan namanya di dunia sepak bola.

    Silkman kini sudah berstatus sebagai agen super bintang. Kesuksesan mengorbitkan pemain-pemain hebat membuatnya dikenal sebagai agen super bintang. 

    Salah satu pemain tersukses yang diorbitnya adalah David Villa. Pemain yang pernah memperkuat tiga klub besar di Spanyol, yakni Valencia, Barcelona, dan Atletico Madrid.

    Selain Villa, ada dua pemain yang juga cukup berhasil diorbitkan Silkman. Mereka adalah Demba Ba dan Ravel Morrison.

    9. Cezary Kucharski

    10 Agen Sepak Bola Paling Oke di Dunia

    (Instagram Cezary Kucharski)

    Cezary Kucharski merupakan agen asal Polandia. Ia dikenal sebagai agen besar karena berhasil mengorbitkan pemain-pemain negara kelahirannya menjadi bintang-bintang top di Eropa. 

    Robert Lewandowski adalah salah satunya. Striker asal Polandia itu sejauh ini sudah berhasil dibawa Kucharski bergabung dengan dua klub besar di Bundesliga Jerman, yakni Borussia Dortmund dan Bayern Muenchen.

    Kucharski juga sukses membesarkan nama pemain Polandia lainnya seperti Jakub Blaszcykowsi. Pemain yang berposisi penyerang sayap itu telah bergabung dengan klub-klub ternama seperti Dortmund, Fiorentina, dan VfL Wolfsburg.

    8. Jerome Anderson

    10 Agen Sepak Bola Paling Oke di Dunia


    Anderson adalah agen super bintang asal Inggris. Sejauh ini, ia sudah memegang pemain-pemain hebat di Liga Primer Inggris. Beberapa di antaranya adalah Thierry Henry, Dennis Bergkamp, Tony Adams, Ian Wright, Kieran Gibbs, Axel Witsel, dan John Obi Mikel

    7. Tim Hager

    10 Agen Sepak Bola Paling Oke di Dunia


    Reputasi Hager mungkin masih kalah hebat dengan agen-agen bintang lainnya. Mengingat, ia tidak terlalu banyak memegang pemain-pemain besar sebagai kliennya.

    Akan tetapi, kemampuan menerbitkan pemain-pemain muda membuat kariernya sebagai agen cukup diakui. Beberapa di antaranya adalah Antoine Griezmann, Mamadou Sakho, dan Yann M'Vila.

    6. Pini Zahavi

    10 Agen Sepak Bola Paling Oke di Dunia


    Zahavi menjadi salah satu agen yang berjasa buat Chelsea. Ia sukses memasok pemain-pemain hebat ke Chelsea sejak dibeli Roman Abramovich pada 2003.

    Selain Chelsea, Zahavi juga sempat menjadi agen pemain-pemain besar di klub lain. Dua di antaranya adalah Carlos Tevez dan Rio Ferdinand.

    5. Mino Raiola

    10 Agen Sepak Bola Paling Oke di Dunia
    (Foto: AFP)


    Siapa yang tak kenal dengan Raiola? Agen besar yang paling terkenal di publik sepak bola. Bukan hanya karena kehebatannya menangani klien-klien besar, tetapi ia dikenal paling eksis di media.

    Setidaknya ada empat pemain hebat yang ditangani Raiola saat ini. Di antaranya adalah Paul Pogba, Edinson Cavani, Mario, dan Zlatan Ibrahimovic.

    4. Jonathan Barnett

    10 Agen Sepak Bola Paling Oke di Dunia
    (Foto: Jonathan Barnett (tengah)/AFP)


    Nama Barnett sudah dikenal di kumpulan agen top di dunia. Menariknya, selain di sepak bola, ia juga menjadi agen tinju. Salah satu petinju paling tersukses diorbitnya adalah Lennox Lewis.

    Terlepas dari itu, Barnett memiliki karier yang sukses sebagai agen sepak bola. Namanya mulai mencuat ketika ia menjadi agen bek Inggris Ashley Cole. Ia dituding melakukan negosiasi ilegal dalam proses kepindahan Cole dari Arsenal ke Chelsea.

    Beruntung bagi Barnett. Insiden itu tak membuat reputasinya hancur. Buktinya, ia tetap dipercaya untuk menangani pemain-pemain hebat seperti Wojciech Szczesny, Joe Hart, dan Gareth Bale.

    3. Pere Guardiola

    10 Agen Sepak Bola Paling Oke di Dunia


    Karier Pere Guardiola sebagai agen sepak bola tak perlu diragukan lagi. Pria yang merupakan saudara kandung pelatih Manchester City Pep Guardiola itu sukses membuat transfer-transfer besar.

    Luis Suarez menjadi salah satu transfer terbaik dilakukan Guardiola. Ia mampu memaksa Barcelona mengeluarkan dana sebesar 82,3 juta euro (sekitar Rp1,3 triliun) untuk memboyong Suarez.

    Adapun beberapa pemain terkenal lainnya juga ditangani Guardiola. Di antaranya adalah Hector Bellerin, Jon Toral, dan Isaac Cuenca.

    2. Paul Stretford

    10 Agen Sepak Bola Paling Oke di Dunia


    Paul Stretford memang tak setenar agen-agen macam Guardiola atau Mino Raiola. Akan tetapi, kinerjanya sebagai agen patut diacungi jempol. 

    Salah satu gebrakan hebat yang dibuatnya adalah menangani transfer Wayne Rooney ke Manchester United. Ia sampai memaksa Red Devils merogoh kocek sebesar 37 juta euro (sekitar Rp580,6 miliar). Nilai transfer tersebut menjadikan Rooney sebagai pemain di bawah usia 20 tahun termahal dunia. Selain pemain, Stretford juga menangani beberapa pelatih hebat macam Roberto Mancini dan Harry Redknapp.

    1. Jorge Mendes

    10 Agen Sepak Bola Paling Oke di Dunia


    Jorge Mendes bisa dikatakan super agen top di dunia. Meskipun tak memiliki latar belakang sebagai pesepak bola atau pelatih, ia memiliki jaringan luas di dunia sepak bola.

    Mendes paling dikenal dengan agen yang gemar mengorbitkan pemain-pemain Portugal. Cristiano Ronaldo adalah salah satu pemain yang ditangani Mendes.

    Selain itu, beberapa pemain top dunia lainnya juga ditangani Mendes. Di antaranya adalah James Rodriguez, Radamel Falcao, dan Angel Di Maria. 

    Bahkan, Mendes juga menangani pelatih-pelatih kelas atas di dunia. Salah satunya Jose Mourinho dan Nuno Espirito Santo.


    Video: Klub Sepak Bola Kembali Latihan di Tengah Pandemi

     



    (ASM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id