Harga Bawang Putih di Tabanan Masih Mahal - Medcom

    Harga Bawang Putih di Tabanan Masih Mahal

    Rute Suryana - 08 Mei 2019 18:12 WIB
    Harga Bawang Putih di Tabanan Masih Mahal
    Illustrasi. Medcom/Panca S.
    Tabanan: Harga bawang  putih di Kabupaten Tabanan, bali, menembus angka Rp75 ribu per kilogram. Harga tersebut melonjak sekitar 66 persen dari sebelumnya Rp45 ribu per kilohram. 

    Menurut salah seorang pedagang di Pasar Pesiapan Tabanan, Ni Putu Suri, kenaikan harga bawang putih sudah terjadi sejak sepekan terakhir. "Bahkan sempat ada yang menjual sampai Rp80 ribu per kilogram," ujar Ni Putu Suri, Rabu, 8 Mei 2019. 

    Selain bawang putih, komoditi pokok lainnya seperti daging ayam juga ikut naik tipis yakni dari Rp39.000 naik menjadi Rp40 ribu per kilogram. Selain itu, cabai merah kecil kualitas I juga naik dari Rp25 ribu per kilogram menjadi Rp30 ribu per kilogram. 

    Namun, ada juga yang mengalami penurunan harga. Yakni bawang merah, yang sebelumnya Rp35 ribu/kg untuk kualitas I turun ke harga Rp26 ribu/kg. Sementara kualitas II dari Rp30 ribu/kg menjadi Rp24 ribu/kg.

    Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindag Tabanan, Primayani, mengatakan fluktuasi harga disebabkan karena terkait stok di pasaran yang mengalami penurunan dibandingkan permintaan. Sementara produksi panen bawang merah melimpah.

    "Kenaikan dan penurunan bawang putih dipengaruhi oleh produksi panen lokal yang kurang baik, sebaliknya bawang merah produksi naik sehingga harganya menurun," ujarnya.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE
    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id