Gizi Seimbang dan Jaga Imun untuk Tangkal Penyakit

Program pemerintah Isi Piringku yang diajarkan bertahun-tahun layak diterapkan untuk memastikan gizi seimbang dan meningkatkan imunitas. Metro TV


Jakarta: Indonesia sudah memasuki gelombang ketiga kasus covid-19. Namun masyarakat harus waspada, karena masalah penyakit lain juga bermunculan di masa yang bersamaan dengan 'badai' covid-19.

Mulai dari diare pada anak hingga demam bedarah dengue.



Karena itu, menjaga imunitas untuk menangkal berbagai macam penyakit-penyakit ini sangat penting. Ahli gizi, Tan Shot Yen, mengatakan menjaga imunitas di musim penyakit seperti sekarang tak bisa sekadar membeli suplemen tanpa mengerti manfaatnya.

“Yang paling penting adalah pastikan dalam keluarga kita, bagaimana makanan kita dalam sehari-hari juga cukup sayur dan cukup buah,” ujar Tan dalam program Newsline di Metro TV, Rabu 9 Februari 2022.

Dia menyebut sayur dan buah jauh lebih baik jika dimakan langsung, tidak diolah menjadi jus atau smoothie. Program pemerintah Isi Piringku yang diajarkan bertahun-tahun layak diterapkan untuk memastikan gizi seimbang dan meningkatkan imunitas.

Program itu mengajarkan pola makan sehari-hari dengan cara yang sangat murah, mudah, dan sehat. Separuh piring bisa diisikan oleh buah dan sayur, bagian lainnya diisi lauk sebagai protein, lalu makanan pokok, seperti nasi, ubi, kentang, atau singkong.

Pola makan sehat ini sangat penting bagi kelompokr rentan. “Anak-anak adalah kelompok rentan. Bahkan perempuan hamil sudah menjadi komorbid di Indonesia,” ujar Tan. (Alifiah Nurul Rahmania)


Editor : Surya Perkasa

Advertising