[Cek Fakta] Beredar Link Cek Nama Penerima Bantuan PPKM Rp300 Ribu? Ini Faktanya

Tangkapan layar informasi yang beredar di WhatsApp


Beredar sebuah link atau tautan terkait pengecekan nama penerima bantuan terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) periode Juli. Link ini beredar di WhatsApp, baru-baru ini.

Berikut selengkapnya:

"Cek nama Anda untuk menerima bantuan PPKM sebesar Rp 300.000.

Periksa apakah nama Anda ada di daftar untuk menarik manfaat

Daftar lengkap
http://subsidippkm.online/pembagian-subsidi/?PPKMjuli."






Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa link itu terkait bantuan PPKM, adalah salah. Faktanya, Kementerian Sosial (Kemensos) telah membantah link tersebut.

Dalam akun instagramnya, Kemensos mengunggah sejumlah foto tangkapan layar terkait link tersebut. Kemensos memberi label hoaks pada foto tangkapan layar. 

"Jika kalian mendapatkan pesan di atas, stop di kamu, ya. Jangan disebarluaskan karena itu hoaks.

Yuk pastikan saring sebelum sharing!



#BST #Covid19 #BersatuLawanHoaks #KemensosHADIR," tulis Kemensos dalam akunnya, 7 Juli 2021. 






Kemensos menambahkan pemerintah memiliki program Bantuan Sosial Tunai (BST) sejak April 2020. Nominalnya Rp300 ribu setiap bulan dan disalurkan melalui PT Pos Indonesia.

Pada Juli 2021 ini, Kemensos akan menyalurkan BST periode Mei dan Juni secara bersamaan. Adapun penerima BST merupakan keluarga yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang diusulkan oleh Pemerintah Daerah.

"Untuk mengecek kepesertaan BST dapat melalui website https://cekbansos.kemensos.go.id/."






Kesimpulan:
Klaim bahwa link itu terkait bantuan PPKM, adalah salah. Faktanya, Kementerian Sosial (Kemensos) telah membantah link tersebut.

Informasi ini masuk kategori hoaks jenis fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.





Referensi:
https://www.instagram.com/p/CRB7OEPA1vE/?hl=en


*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016



Editor : M Rodhi Aulia

Advertising