Kanal Indonesiana Jadi Babak Baru Ekosistem Kebudayaan

Mendikbudristek Nadiem Makarim. Tangkapan layar.


Jakarta: Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menyebut platform kebudayaan, kanal Indonesiana membuka babak baru ekosistem kebudayaan. Kanal Indonesiana disebut memberikan ruang lebih luas kepada pelaku seni di Indonesia.

"Dengan adanya kanal Indonesiana saya optimistis akan membuka babak baru dalam ekosistem kebudayaan Indonesia," ujar Nadiem dalam taklimat media Seri Monolog: Di Tepi Sejarah, Senin, 20 September 2021.



Menurut Nadiem, pelaku seni Indonesia yang berkualitas memiliki ruang eksplorasi dan ekspresi yang jauh lebih luas. Kemerdekaan eksplorasi itulah yang sejak dulu diinginkan oleh pelaku seni.

Baca: Nadiem Sebut Kanal Indonesiana Bakal Jadi Pustaka Budaya

"Sebab kami selalu yakin bahwa kemerdekaan dalam berpikir dan berkarya adalah motor kemajuan kebudayaan Indonesia, yang tidak lagi bertumpu pada konservasi tapi juga inovasi," terang dia.

Bagi dia, kanal Indonesia juga menjadi strategi pemajuan kebudayaan. Dia berharap ke depan akan semakin banyak karya seni khas Indonesia yang bersaing di panggug dunia.

"Besar harapan saya pelaku seni budaya dapat menjadikan kanal indonesia sebagai rumah bagi kita semua untuk terus berkarya. Dengan kanal indonesia mari berkolaborasi mewujudkan merdeka belajar, merdeka berbudaya," tuturnya.


Editor : Arga Sumantri

Advertising