Belajar Sastra Bersama Alam di Leuweung Seni Purwakarta

Leuweung Seni adalah sekolah sastra untuk anak muda. Metro TV


Purwakarta: Purwakarta punya sekolah sastra untuk anak muda, namanya Leuweung Seni. Berlokasi di kawasan hutan, para murid diharapkan mendapat ilham berkarya melalui interaksi langsung dengan alam di sekelilingnya.

"Sanggar ini berdiri sekitar tahun 2007, sepulang merantau, saya rindu pulang ke Purwakarta. Berbekal bakat dan pengalaman sastra di bidang puisi dan prosa, akhirnya lahirlah komunitas Sanggar Sastra Purwakarta," ujar pendiri Leuweung Seni Rudi Aliruda dalam Newsline Metro TV, Kamis, 14 Oktober 2021.



Ia membangun Leuweung Seni bersama komunitasnya untuk mengakomodasi bakat anak-anak Purwakarta di bidang sastra. Edukasi dilakukan dengan metode bermain di lingkungan sekolah yang mirip dengan hutan wisata.

Baca: Rumah Sandar, Bantu Mendampingi Anak Yatim dan Panti Asuhan Belajar Online

"Kenapa di tengah alam? Karena untuk mengolah pengalaman batin. Ketika mendekatkan diri kepada alam, itu anak-anak akan terbiasa melatih kepekaan dirinya," tutur Rudi. 

Rudi menilai, daya apresiasi untuk pertunjukan sastra sangat tinggi. Dengan komunitas ini, ia berharap bisa lebih banyak menjangkau penikmat sastra dari kalangan anak muda. (Mentari Puspadini)


Editor : Sri Yanti Nainggolan

Advertising