Gitaris Sore Memutuskan Mundur dari Band

Reza Dwi Putranto alias Echa, dalam konser Oye, Adelante! (Foto: Medcom.id/Shindu Alpito)


Jakarta: Konser Oye, Adelante! yang digelar di Studio Palem, Jakarta Selatan, pada Minggu, 22 Desember 2019, menjadi panggung yang sentimentil. Pada konser itu, Sore merayakan album baru mereka, Mevrouw dengan membawakan 27 lagu. Mereka juga melibatkan sejumlah musisi kolaborator, beberapa di antaranya adalah Iga Massardi, Indra Aziz, Andi Rianto, Bilal Indrajaya, Sal Priadi, dan Noh Salleh.

Konser ini terasa seperti sebuah pesta yang ramai, namun sunyi di hati dan pikiran. Keluarga besar Sore harus merelakan keputusan Reza Dwi Putranto alias Echa untuk mundur. 

"Gue 31 Desember 2019 terakhir di Sore. Bukan suatu hal yang besar. Kayak gini, orang lagi hobi dan bosen dari hobinya," kata Echa kepada Medcom.id, usai tampil.

Meski tampil membawakan lebih dari dua lusin lagu, di atas panggung para personel Sore tidak ada yang mengumumkan secara resmi mundurnya Echa. Jelang akhir konser, bassist Awan Garnida sempat meminta Echa mengatakan sesuatu. Namun Echa memilih diam. Tentu ini berat bagi siapapun di atas panggung itu tadi malam. 



"Gue kenal (para personel Sore) dari SMP, cuma waktu SMP enggak main, pas kuliah satu kampus sama Awan, terus baru main (band). Semua enggak ada yang abadi. Gue bosan, jenuh, kalau yang lain masih semangat tapi gue enggak berapi-api, kasihan yang lain," imbuh Echa.

Echa dikenal sebagai penulis lagu yang punya karakteristik tersendiri dalam diskografi Sore. Pada album debut Centralismo (2005), Echa menulis lagu yang reflektif berjudul Keangkuhanku, Cermin, dan Aku. Pada album Ports of Lima (2008), Echa menulis lagu yang terdengar magis, Merintih Perih, dan Layu

Sore bukan kali ini saja menghadapi perubahan formasi. Pada tahun 2012, keyboardist Ramondo Gascaro mundur dari grup ini. Selain itu, mereka juga sempat memiliki personel yang cukup singkat bergabung, Dono Firman. 

Selama ini, selain bermusik bersama Sore, Echa memiliki usaha di bidang desain interior. Bidang pekerjaan itu pula yang akan Echa jalani selepas dari Sore.

Secuplik perjalanan Sore dapat dibaca dalam artikel: Sore Memikat dengan Melodi Masa Lalu.

 

Editor : Agustinus Shindu Alpito

Advertising