Cerita Peserta UTBK-SBMPTN: Soal Matematika di Luar Perkiraan

Peserta UTBK SBMPTN 2022 Anisa. Medcom.id/Ilham Pratama Putra


Jakarta: Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai syarat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) gelombang pertama telah digelar. Peserta mengalami kesulitan selama mengerjekan soal.

Salah satunya Anisa yang mengikuti UTBK di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Anisa mengaku soal yang muncul di luar dugaan.

"Gampang-gampang susah. Semua di luar perkiraan, yang Matematika apalagi," ujar Anisa di UNJ, Selasa, 17 Mei 2022.

Lulusan SMA 7 Jakarta ini mengaku grogi saat mengikuti UTBK-SBMPTN. Dia mengaku tes UTBK menyeramkan, meski telah mempersiapkan diri sejak Januari 2022.



"Perasaannya itu deg-degan terus kayak menghadapi sesuatu hal yang menyeramkan," cerita Anisa.

Anisa pada UTBK-SBMPTN memilih UNJ sebagai kampus tujuan. Dia mencoba masuk pada program studi Akuntansi dan Pendidikan Ekonomi.

Dia datang ke lokasi ujian sekitar pukul 6.00 WIB. Anisa membutuhkan waktu 20 menit dari rumahnya di Tebet, Jakarta Selatan, untuk sampai di UNJ.

Anisa berharap bisa lolos seleksi UTBK-SBMPTN. "Walaupun ada yang enggak bisa jawab, tapi lancar sih tidak ada kendala, semoga nanti lancar dapat hasilnya lolos," cerita dia.

Gelombang pertama UTBK-SBMPTN digelar pada 17-23 Mei 2022. Peserta dibagi dalam kelompok ujian Saintek, Soshum, dan Campuran.

Peserta mengerjakan Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Bahasa Inggris serta Tes Kemampuan Akademik (TKA) Saitek maupun Soshum.

Baca: Mengenal Jenis Soal TPS, Materi yang Diujikan dalam UTBK-SBMPTN
 


Editor : Renatha Swasty

Advertising