Setengah Abad, Reaktor Nuklir TRIGA Bandung Masih Beroperasi

Inti nuklir berwarna biru di dalam kolam reaktor riset nuklir di reaktor serba guna G.A. Siwabessy milik Badan Tenaga Atom (BATAN), Puspiptek, Tangerang, Banten -- MI/Susanto
medcom.id, Bandung: Kota Bandung dikenal dengan keindahan dan kecantikan bunganya, sehingga dijuluki dengan Kota Kembang. Ternyata, di salah satu sudut kota yang juga terkenal dengan factory outletnya ini berdiri dengan gagahnya reaktor nuklir pertama milik Indonesia.

Reaktor TRIGA 2000 berlokasi di Jalan Tamansari 71, Bandung, berada diantara Kebun Binatang Bandung dan Sasana Budaya Ganesha. Reaktor ini beroperasi pertama kali pada 1965, setelah diresmikan oleh Presiden Soekarno.

”Indonesia sudah memasuki era atom. Dengan penguasaan teknologi atom, maka Indonesia sudah siap memasuki era modern,” ujar Presiden Soekarno saat pidato peresmian Reaktor TRIGA 2000.

TRIGA merupakan singkatan dari Training Research Isotope Production by General Atomic. Sedangkan 2000 menunjukkan bahwa kapasitas daya reaktor maksimal saat ini sebesar 2000 kW.

Sejak dioperasikan, Reaktor TRIGA 2000 sudah dimanfaatkan untuk penelitian dan pengembangan dalam upaya penguasaan teknologi di bidang produksi radioisotop. Radioisotop merupakan unsur radioaktif yang dapat digunakan untuk pemeriksaan organ tubuh secara anatomi dan morfologi. Radioisotop juga dapat digunakan untuk pengobatan tumor atau kanker.

Layanan kesehatan dengan memanfaatkan radioisotop pertama didirikan di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung, pada 1971. Setelah itu, bermunculan fasilitas layanan pemeriksaan dan terapi berbasis radioisotop di berbagai rumah sakit.

Tahun ini, Reaktor TRIGA 2000 genap berusia 50 tahun. Setengah abad beroperasinya reaktor tersebut merupakan momen penting bagi Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) dan bangsa Indonesia.

Pada momen bersejarah ini, peneliti BATAN kembali menorehkan prestasi dengan berhasil mendesain dan memproduksi elemen batang kendali yang digunakan di Reaktor TRIGA 2000. Elemen batang kendali reaktor dengan tipe TRIGA saat ini sudah tidak diproduksi lagi oleh pabriknya di General Atomic, Amerika Serikat. Dengan kemampuan membuat sendiri elemen batang kendali, maka sebagian besar komponen penting reaktor TRIGA dapat diproduksi di dalam negeri.

Dalam upaya menginformasikan tentang keberadaan Reaktor TRIGA 2000, BATAN akan menggelar Promosi Hasil Libang Iptek Nuklir pada 2-4 Desember 2015. Sehingga masyarakat Bandung dan sekitarnya lebih mengenal secara dekat tentang reaktor nuklir dan manfaatnya dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir.

Editor : Kesturi Haryunani

Advertising