324 Boks Makanan Disalurkan ke Keluarga Pasien Korona

Ilustrasi: Medcom.id


Jakarta: Sebanyak 324 boks makanan disalurkan Suku Dinas (Sudin) Sosial Jakarta Pusat (Jakpus) kepada warga yang kepala keluarganya menjadi pasien dalam pengawasan (PDP) maupun positif virus korona (covid-19). Mereka mengisolasi diri untuk mencegah penyebaran virus.

"Lurah, RT/RW, yang bertanggungjawab pada makan pagi. Sedangkan makan siang dan malam baru dari kami," kata Kepala Sudin Sosial Jakarta Pusat Ngapuli Perangin Angin saat dihubungi, Selasa, 24 Maret 2020

Menurut dia, bantuan makanan disalurkan selama standar isolasi diri, yakni dua minggu. Namun, tidak tertutup kemungkinan ada penambahan waktu untuk warga yang kepala keluarganya positif covid-19.

"Tapi semuanya tetap berkordinasi antara Dinas Sosial DKI Jakarta dan Wali Kota Jakarta Pusat (Bayu Meghantara)," ungkap dia.



Warga yang mendapatkan bantuan makanan berada di Kelurahan Bendungan Hilir, Tanah Abang; Kampung Rawa, Johar Baru; Pengangsaan, Menteng; Petojo Utara, Gambir; Kenari, Senen; Gunung Sahari Utara, Sawah Besar; Utan Panjang, Kemayoran; dan Kebon Kosong, Kemayoran. 

Pendistribusian makanan ke rumah warga dilakukan petugas kelurahan. Pemberian makanan mengikuti anjuran ahli medis dari Sudin Kesehatan Jakarta Pusat. 

"Pemberian makanan itu dilakukan di depan pintu rumah warga yang terkena. Petugas yang memberikan juga tidak ada kontak atau tatap muka dengan warga yang terkena. Ini langkah sebagai pencegahan penyebaran virus tersebut," jelas dia.


Grafis Medcom.id

Baca: Gudang Logistik Khusus Korona Dibangun di Markas PMI

Sementara itu, Wali Kota Bayu Meghantara mengatakan pihaknya juga mengirimkan petugas untuk menjaga rumah orang dalam pengawasan (ODP). Dia mencontohkan langkah ini dijalankan di Bendungan Hilir. 

"Penghuni rumah yang kena tidak diperkenankan keluar dari rumah. Jadi kebutuhan makan, minum mereka disuplai Sudin Sosial Jakarta Pusat," papar Bayu.


Editor : Yogi Bayu Aji

Advertising