2 Warga Aceh Tengah Nyaris Diterkam Harimau Saat Mencari Ternak

Hewan ternak mati dimangsa harimau di Kabupaten Aceh Tengah. Foto: Istimewa


Banda Aceh: Dua orang warga Desa Kreung Batee, Kecamatan Trumon Tengah, Kabupaten Aceh Barat, Aceh, nyaris diterkam Harimau Sumatera, saat sedang mencari ternak di Kawasan gunung daerah setempat. Beruntung keduanya memanjat pohon untuk menghindari terkaman mamalia buas itu.

Kapolsek Trumon Tengah, AKP Margiono, mengatakan kejadian bermula saat Irsan, 45, heran dengan keberadaan enam ekor kambingnya yang tidak ada di kandang, pada Jumat pagi, 29 Oktober 2021. Karena khawatir ia mengajak adik iparnya Irwanda, 35, mencari ternak tersebut di Kawasan gunung.

“Keduanya mencari kambingnya pada saat sampai di lokasi yang berjarak lebih kurang satu kilometer dari permukiman warga, mereka menemukan kambing di rerumputan, lalu dari jarak tiga meter, mereka melihat harimau keduanya memanjat pohon guna menyelamatkan diri, Irshan memanjat ke pohon pala dan Irwandi memanjat pohon jengkol,” kata Margiono, Minggu, 31 Oktober 2021.



Baca: 3 Pelaku Penembakan Komandan BAIS TNI Kabupaten Pidie Ditangkap

Mereka segera menghubungi kepala desa untuk meminta pertolongan. Keduanya khawatir harimau liar itu masih berada di sekitar ternak mereka yang ditemukan sudah mati.

"Meski keduanya sudah berhasil selamat dengan memanjat pohon, mereka masih ketakutan lantaran harimau tersebut masih berada di bawah pohon yang dipanjat Irwanda. Untuk beberapa saat mereka menunggu disana sampai pertolongan tiba," ujarnya. 

Kemudian, Aparat desa, TNI dan Polisi kemudian menuju ke lokasi dengan membawa satu pucuk senjata SS1, ada juga warga yang membawa mercon atau petasan menuju lokasi. Polisi kemudian melepaskan tembakan sebanyak lima kali di susul dengan ledakan petasan yang di bawa warga.

"Tembakan itu bukanlah untuk membunuh harimau yang mengancam keselamatan warga. Namun, suara dari ledakan itu membuatnya menjauh dari lokasinya saat ini, sehingga dua warga yang berada di atas pohon bisa turun dan selamat pulang ke rumah," jelasnya.


Editor : Whisnu Mardiansyah

Advertising